Hadapi Pemilu 2024, Sekda Naziarto Ingatkan ASN Jaga Netralitas

oleh -278 views
oleh
Hadapi Pemilu 2024, Sekda Naziarto Ingatkan ASN Jaga Netralitas.

PANGKALPINANG, HR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Naziarto menekankan pentingnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Netralitas ASN yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Prov. Kep. Babel Babel, Kamis (14/12/2023).

Berlangsung di Hotel Grand Safran Pangkalpinang, Rakor dengan tajuk “Kita Wujudkan Pemilu Damai Tahun 2024 di Babel” tersebut turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M. Soleh, Plt Kepala Bakesbangpol Prov. Kep. Babel Kurniawan, Kepala BKPSDM Prov. Kep. Babel Susanti, Komisioner Bawaslu Kep. Babel Novrian Saputra serta puluhan peserta lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Naziarto lebih lanjut mengingatkan bahwasanya netralitas ASN dalam menghadapi tahun politik 2024 telah diatur dalam banyak peraturan hukum, baik berupa Undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP) hingga Surat Edaran (SE), Bahkan diperkuat dengan ikrar bersama dan penandatanganan pakta integritas netralitas ASN, hingga dibentuknya tim pengawasan internal.

Ia pun mengajak para ASN untuk terus menegakkan kode etik maupun disiplin. Di antaranya, berkomitmen untuk tidak ikut menghadiri kampanye maupun berkampanye melalui media sosial, membuat pernyataan secara tertutup atau terbuka mengenai dukungan kepada calon atau pasangan calon, menjadi anggota dan atau pengurus partai politik, ataupun membuat keputusan atau tindakan yang dapat menguntungkan atau merugikan peserta pemilu. Lebih lanjut ia mengatakan, pelanggaran terhadap netralitas ASN dapat dijatuhi hukuman disiplin sedang bahkan berat.

Dalam kesempatan itu Sekda Naziarto mengajak para ASN untuk tetap berlaku profesional, tanpa mengkhawatirkan siapapun yang akan terpilih sebagai pemimpin. Sebab menurutnya, silih bergantinya pemimpin seharusnya tidak menggoyahkan profesionalisme seorang ASN.

“Silakan kepala negara atau daerah berganti, kita (ASN) tetap di posisi kita, tetap menjadi ASN yang betul-betul netral, bekerja sesuai koridor kita. Insya Allah seorang pemimpin yang baik, mereka akan tahu apa yang kita perbuat,” ungkapnya.

Sebagai penutup, ia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 di Kep. Babel dapat berjalan dengan sukses dan damai, dengan tetap menjaga stabilitas dan kerukunan antar masyarakat.

“Mari kita ciptakan dan jaga stabilitas politik agar tetap kondusif, jangan gara-gara pemilu dan pilkada kita sesama kita bermusuhan,” pungkasnya.agus priadi

Tinggalkan Balasan