Freddie Politon Pejuang Enam Jaman

oleh -364 views
Seorang anak Lelaki kelahiran Palu-Sulawesi Tengah tanggal 31 Agustus 1936 DR Freddie Politon Ph.D W. MBA (79), yang lahir dari buah cinta sepasang suami istri bernama Cornelis Rafles Politon Karamoy dan Frederika Nelwan Supit.
Freddie Politon merupakan pensiunan tahun 1991 sebagai perwira Angkatan Udara yang terhormat, adalah siswa angkatan pertama dari Akademi Angkatan Udara Republik Indonesia tahun 1958–1962, Sebelumnya mengenyam pendidikan juga di Institut Tekhnologi Bandung (ITB) angkatan tahun 1956-1958.
Dalam mengikuti Latihan Dasar Kemiliteran (LDK) tahun 1958 di Bandung hanya ada sembilan puluh sembilan orang saja yang diterima, lalu dibagi dua dari sembilan puluh sembilan orang diantaranya lima puluh enam orang di pilih pada tahun 1959-1962 untuk pendididkan penerbang di luar negeri ke Chekoslovakia selama dua tahun untuk penerbang dan ke Rusia selama satu tahun untuk pendidikan combat trainning.
Sedangkan sisanya empat puluh tiga orang lainya tetap di dalam negeri Akademi Angkatan Udara di Jogjakarta. Lalu tahun 1962 di lantik bersama yang di luar negeri dan dalam negeri sebagai lulusan Akademi Angkatan Udara yang pertama, Pelantikan ini langsung dipimpin oleh tokoh dirgantara nasional yang terkenal, Komodor Udara R Surjadi Suryadarma yang saat itu menjabat sebagai Kepala Staf Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU).
Dari beberapa tahun sebelumnya mengemban tugas pada negara antara lain operasi Dwikora 1964, pada tahun 1981 hingga tahun 1985 menjabat sebagai Atase Pertahanan Republik Indonesia di Paris, Prancis. Dan sampai sekarang ini dia juga ikut melestarikan kebudayaan bangsa karena kepedulian kepada Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai fungsionaris di wilayah Indonesia Timur bahkan sampai mancanegara. Dan juga pernah di karyakan ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai penasehat ahli Menteri Risert dan Tekhnologi yang pada waktu itu dijabat oleh Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie (sebelum BJ Habibie menjadi presiden ketiga RI).
Lalu di dalam pendidikan Freddie Politon juga sangat antusias bicara dunia pendidikan antara lain turut mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTD) sebagai cikal bakal Universitas Suryadarma sekarang. Suryadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan yayasan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) yang lokasinya berada di kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.
Jadi motivasinya saat ini adalah melestarikan perjuangan bangsa dalam dunia pendidikan dengan adanya pengembangan manegement, pendidikan tersebut diatas antara lain dalam bentuk politehnik industri penerbangan. ■ andrey

Tinggalkan Balasan