Festival Isen Mulang, Barito Utara Siap Pertahankan Gelar Juara Umum

oleh -99 views
Barito Utara siap pertahankan gelar juara umum pada festival isen mulang.

MUARA TEWEH, HR – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) merupakan ajang promosi budaya, wisata, seni dan kuliner Kalimantan Tengah. Agenda tahunan ini telah berlangsung sejak 1993, pada tahun 2018 kegiatan Festival dilangsungkan di kabupaten Kapuas dimana Kab Barito Utara mendapatkan gelar juara umum.

Untuk tahun ini diadakan di Kota Palangkaraya, kegiatan Festival ini akan berlangsung sejak tanggal 17 Juni hingg 22 Juni 2019 dengan mengambil tema “Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah”.

Acara festival budaya isen mulang diawali dengan penyerahan tropi piala bergilir oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah kepada Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan pagawai karnaval budaya dengan diikuti para peserta seluruh Kabupaten se Kalimantan Tengah, SOPD Provinsi, Sanggar/Paguyuban, ormas pemuda, perguruan tinggi, pemuda dan pelajar.

Bupati Barito Utara Nadalsyah, mengharapkan kiranya Kab Barito Utara senantiasa dapat mempertahankan kembali gelar juara umum pada Festival budaya isen mulang yang telah berlangsung, seperti halnya saat Festival buda isen mulang tahun sebelumnya di Kab Kapuas.

Adapun tujuan dari Festival ini adalah untuk melestarikan serta mengembangkan budaya lokal sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan potensi kepariwisataan Kalimantan Tengah. Kegiatan Festival ini akan menampilkan 26 kegiatan utama berbagai seni pertunjukan dan permainan tradisional yang diangkat dari budaya kearifan lokal masyarakat Kalteng.

Loading...

Sementara, ada 6 lokasi yang telah ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan, yakni UPT Taman Budaya, UPT Museum Balanga, Budaran besar Palangkaraya, Taman kuliner Tunggal Sangomang, jembatan kahayan dan Swiss Bellhotel Danum. mps

Tinggalkan Balasan