Eman Suherman Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Menjelang NATARU Aman

oleh -628 views
oleh
Eman Suherman Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Menjelang NATARU Aman.

MAJALENGKA, HR – Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 1138/AR.04.02.02/PEREK Tanggal 11 Desember 2023 Perihal Resume Persiapan Pelaksanaan Panen Cabai Serentak, Gelar Pangan Murah (GPM), dan Kunjungan Pasar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Majalengka menghadiri pelaksanaan Panen Cabai di Desa Pakubeureum, Rabu (20/12/2023).

Selepas melaksanakan Panen cabai di Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati, Sekda beserta tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab.Majalengka juga melakukan monitoring ke Pasar Kadipaten guna memonitor stabilisasi harga-harga kebutuhan pokok masyarakat, seperti daging dan sayuran, hal tersebut sebagai upaya dalam pengendalian laju inflasi menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru tahun 2023.

Dalam keterangannya, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Drs. H. Eman Suherman,M.M., selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab.Majalengka,menyampaikan bahwa kegiatan panen cabe perdana di salah seorang petani cabe di Desa Pakubeureum merupakan salah satu langkah peninjauan bagaimana kualitas panen yang dihasilkan serta bagaimana ketersediaan stok cabe di wilayah Kab.Majalengka.

“Alhamdulilah kita bersama telah melaksanakan panen cabe dengan kualitas panen yang luar biasa baik, meskipun dengan situasi musim kemarau yang berkepanjangan dalam kurun waktu setahun kebelakang, akan tetapi disini tidak kekurangan stok air sehingga panen yang dihasilkan sangat baik, selain itu juga kami memonitor harga cabe yang sempat naik beberapa bulan kebelakang namun untuk saat ini harga cabe sudah mulai normal kembali,” ucap Sekda.

“Dengan Panen Cabe ini diharapkan dapat memenuhi stok cabe diwilayah Kab.Majalengka yang merupakan salah satu komoditi penting di pasaran, dengan harga cabe yang mulai stabil ini apalagi menjelang Nataru, kami berharap harga kebutuhan pokok dapat terjaga, terpelihara agar ketika masyarakat berbelanja kebutuhan pokok tidak merasa keberatan dengan harga-harga yang beredar di pasar,” ungkapnya.

Lebih lanjut adapun hasil dari monitoring atau sidak harga- harga kebutuhan pokok di Pasar Kadipaten, Sekda selaku Ketua TPID Kab.Majalengka menyampaikan, berdasarkan hasil pengamatan langsung di lapangan untuk harga dari mulai daging dan juga sayuran masih terkendali, dalm artian tidak menunjukan kelonjakan harga kebutuhan pokok, disisi lain untuk kebutuhan Stok pangan di Kab.Majalengka menjelang Nataru dipastikan aman, hal tersebut dapat ditunjukan dengan posisi surplusnya stok kebutuhan beras dan juga hasil pertanian lainnya seperti cabai.

“Dengan tercukupinya stok kebutuhan pokok yang mudah untuk didapatkan hal tersebut pastinya berdampak pada harga-harga kebutuhan pokok di pasar yang stabil dan tidak mengalami kenaikan. Inilah suatu hal yang membahagiakan bagi kami selaku Ketua TPID Kab.Majalengka dengan status kebutuhan pokok aman terkendali dan juga harga-harga stabil menjelang Nataru sehingga tidak perlu adanya rasa kekhawatiran bagi masyarakat Majalengka terhadap kebutuhan pokok dipasaran,” pungkas Sekda.lintong

Tinggalkan Balasan