DPRD Pelalawan Kecam Kejinya PT Rimba Lazuarddi

oleh -232 views
Penyerangan security dan karyawan PT RL menyebabkan rumah warga dirobohkan, hingga rata dengan tanah
PELALAWAN, HR – Nazzaruddin Arnazh, anggota DPRD Pelalawan mengecam keras tindakan anarkis PT. RL (Rimba Lazuarddi) terhadap warga. Aksi penyerangan oleh security dan karyawan PT. RL kepada warga di Dusun Renangan, Desa Lubuk Kembang Bungo Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau dua pekan lalu. Ia menilai perbuatan itu sungguh tidak manusiawi, dan masuk kategori pelanggaran Ham.
“Tindakan anarkis perusahaan yang kegiatannya, menjadi salah satu penyuplai bahan baku kayu di PT. RAPP, luar biasa kejinya. Ironisnya, tindakan perusahaan ini juga merupakan bentuk tidak menghargai Pemda Pelalawan,”ucapnya kepada HR, Selasa (29/9).
Kecaman ini dilontarkannya, setelah lintas komisi DPRD Pelalawan, turun ke lokasi kejadian, Sabtu (26/09) lalu. Nazzaruddin melihat fakta, dan berdialog langung dengan masyarakat yang menjadi korban brutal PT. RL itu.
“Bayangkan saja tindakan anarkis perusahaan itu. Selain melakukan kekerasan kepada warga, rumah tempat tinggal warga dirobohkan, hingga rata dengan tanah dan langsung menanami akasia. Artinya, hak hidup dan kelangsungan hidup warga itu diteror dan dihilangkan tanpa ada kompromi. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk tindakan yang tidak berprikemanusiaan yang mesti diusut oleh pihak berwewenang,”tandasnya.
Sayangnya, proses hukum masalah itu, sampai hari ini belum diketahui ujung pangkalnya,” imbuh Ketua Fraksi PAN Plus DPRD Pelalawan ini lagi.
Lebih lanjut, Ketua DPD PAN Pelalawan ini menegaskan, seyogyanya perusahaan harus mengayomi masyarakat, bukan malah mengajak masyarakat berhantam. Dan kalau ada yang tidak beres di lapangan, sebaiknya dikomunikasikan dengan Pemda Pelalawan atau DPRD sebagai lembaga perwakilan masyarakat. “Bukan main hakim sendiri, sehingga tindakan PT. RL itu merupakan bentuk dari tidak mnghargai Pemda Pelalawan,”tukasnya. ■ rn

Tinggalkan Balasan