Dongkrak PAD, Bapenda Majalengka Gelar Anugerah Inovasi Pajak Daerah Tahun 2022

oleh -71 views

MAJALENGKA, HR – Bapenda Kabupaten Majalengka melaksanakan Anugerah Inovasi Pajak Daerah tahun 2022 dan launching 13 program inovasi Bapenda Majalengka Tahun 2023 bertempat di halaman Kantor Bapenda Kabupaten Majalengka, Selasa (27/12/2022).

Penyerahan anugerah inovasi pajak daerah kepada para Camat dan Kepala Desa diserahkan langsung oleh Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi M.MPd sekaligus meresmikan 13 program inovasi Bapenda Majalengka Tahun 2023 didampingi Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana,Sekda Eman Suherman serta para staf ahli dan OPD Kabupaten Majalengka.

Dalam laporannya Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka DR H Irfan Nur Alam SH MH menyampaikan sebagai wujud penghargaan dari Pemerintah daerah kepada wajib pajak yang patuh dan taat bayar pajak kegiatan ini sekaligus ajang silaturahmi Pemda Majalengka dengan seluruh pihak dan komponen masyarakat agar kedepannya dapat kompak meningkatkan PAD khususnya pajak daerah di kabupaten Majalengka.

Irfan mengatakan,adapun pelaksanaan kegiatan ini dihadiri para Perangkat daerah,pimpinan cabang BJB Majalengka, serta Kecamatan yang lunas PBB P2 dan Kepala desa penerima anugrah pajak.

Kepala Bapenda Kabupaten Majalengka Irfan Nur Alam menjelaskan, dalam merealisasikan pajak daerah tahun 2022 dengan menghadirkan 17 program Inovasi dalam yang sangat terdampak pada peningkatan PAD dan PBB P2 yang melebihi capaian tahun sebelumnya dan mengalami peningkatan dan pada hari ini
Saya mewakil teman teman meminta doa dan dukungan kepada semua pihak agar bisa merealisasikan pajak daerah melebihi target yang ditentukan.

Apabila BIJB bisa membayar pajaknya maka realisasi pencapaian Tahun 2022 sebesar 106 persen ( Rp 169.200.308.302 Miliar) dan ini mengalami peningkatan Rp 25.804.368.898 Miliar dari tahun sebelumnya.

Loading...

Kami telah melakukan evaluasi terhadap program program melalui indikator hasil yang disepakati oleh teman teman Bapenda,intinya dari 17 program inivasi hasilnya 6 program inovasi kami lanjutkan, 4 dihapuskan dan diremix dan program baru sebanyak 7 jelas Irfan.

Sementara Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi M.M.Pd menyampaikan anugerah pajak tahun 2022 dan lounching inovasi program pajak daerah tahun 2023 merupakan inovasi dalam menggali PAD khususnya PBB P2 dalam meningkatkan PAD karena PAD merupakan kekuatan ke 2 yang menopang APBD kita yang pertama dari dana besar transfer, kalau propinsi biasanya relatif tidak stabil makanya otonomi daerah dijalankan berdasarkan filosofi kemandirian dan pemberdaya daerah, namun daerah masih tergantung pada kekuatan anggaran pusat karena 99 persen otonomi daerah baru kekuatan pembangunan berasal dari pusat.

Dari itu Bapenda Majalengka diharapkan bisa berdiri lebih tajam dalam mengungkit PAD. ‘Saya sangat berharap Kepala Bapenda dan jajarannya terus berinovasi dengan mencari solusi dan celah dengan pendekatan edukasi agar potensi pembangunan yang kita berikan untuk rakyat bisa berjalan dengan baik melalui PAD PBB P2. Saya apresiasi anugerah pajak tahun 2022 kepada Camat dan Kepala Desa yang sudah melunasi PBB P2. Tolong para Kuwu kuwu dan para Camat kerjasamanya agar PBB berjalan dengan baik kerena PBB untuk kepentingan rakyat disisir semua potensi PBB jangan sampai terjadi kendala dan tunggakan, mudah mudahan melalui program dan aplikasi dari Bapenda mempermudah dan memperlancar pembayaran PBB P2 di Kabupaten Majalengka,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, objek objek yang bisa berpotensi sumber pajak segera digali bahkan masih ada objek pajak yang belum tersentuh segera lakukan percepatan inovasi karena sumber kekuatan ekonomi ke 2 berasal dari PAD PBB P2 yang kini sudah mengalami kenaikan 25 miliar bisa diupayakan oleh Bapenda Majalengka, oleh karena itu Saya berharap ada dorongan dan edukasi untuk para rakyat dalam membayar Pajak,ada hak Negara menagih Pajak dan kewajiban Rakyat membayar pajak, segera aplikasikan program kebijakan melalui pergerakan oprasional dengan kerjasama pihak pihak yang kompoten, bagaimana mengedukasi dan mensosialisasikan kepada rakyat melalui pendekatan dalam segala hal supaya tidak salah tafsir dan salah persepsi atau diskomunikasi segera lakukan edukasi dan pemahaman, tambahnya

Mudahan mudahan dengan dua langkah program Bapenda saat ini yaitu Anugerah Inovasi Pajak Tahun 2022 dan launching 13 program Inovasi Pajak Tahun 2023 Bapenda Majalengka dapat mendongkrak PAD Majalengka khususnya pencapaian PBB P2 melebihi target, dengan inovasi dua langkah ini Kepada Camat dan Kepala Desa yang mampu menuntaskan pencapaian target PBB saya ucapkan terimakasih kata Bupati. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan