Disperindag Lamsel Gelar Pasar Murah

oleh -165 views

LAMSEL, HR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat kembali menggelar operasi pasar murah di Lapangan Desa Pardasuka Kecamatan Katibung, Selasa (7/5/2019).

Sehari sebelumnya, Disperindag Lampung Selatan juga telah menggelar operasi murah perdana di Lapangan Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda.

Operasi pasar murah itu dilakukan guna menstabilkan harga sembilan bahan pokok (sembako) selama bulan Ramadhan yang cenderung mengalami kenaikan karena meningkatnya permintaan pasar.

Pantauan di lapangan, sejak pagi setelah dibuka, masyarakat silih berganti membeli komoditas di pasar murah. Sejumlah komoditas utama kebutuhan sehar-hari yang ditawarkan pun ludes diserbu warga.

Beberapa komoditas yang ditawarkan diantaranya beras, minyak goreng, tepung, gula pasir, telur, susu, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan berbagai komoditas lainnya.

Kepala Disperindag Lampung Selatan, Qorinilwan menjelaskan, pihaknya telah menggandeng sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan seperti Bumi Waras, PTPN 7, PPI, Indomaret, Indofood, serta sejumlah pelaku usaha dan dinas instani terkait.

Hal itu kata dia, sebagai komitmen Pemkab Lampung Selatan kepada masyarakat untuk mendapatkan harga sembako lebih murah dari harga pasar, terlebih disaat bulan Ramadhan.

“Kita sengaja menggandeng pihak perusahaan agar masyarakat bisa berbelanja murah dengan barang yang berkualitas. Disini (pasar murah) harga yang dijual lebih murah dari harga pasar, perbedaannya berkisar Rp2.000-Rp3.000,” ujar Qorinilwan ditemui tim ini di lokasi kegiatan.

Dia berharap, keberadaan pasar murah tersebut bisa menjadi solusi masyarakat dalam mendapatkan harga murah dari harga pasar. Selain itu, dengan adanya pasar murah itu juga diharapkan bisa menstabilkan harga-harga bahan pokok selama bulan Ramadhan.

“Seperti bawang putih disini harganya Rp56 ribu/kg, sementara hari ini saya cek di pasar harganya mencapai Rp70 ribu/kg. Untuk Bawang merah Rp28 ribu/kg, harga pasar Rp32 ribu/kg,” ujarnya.

Disamping itu, dalam kegiatan pasar murah tersebut, Disperindag Lampung Selatan juga membagikan 30 paket sembako bagi warga kurang mampu dari Kecamatan Katibung.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama untuk berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Kita bagikan kepada warga yang berhak menerima, datanya dari kecamatan, dipilih dari tiap desa. Nanti, setiap kegiatan pasar juga kita bagikan sembako seperti ini,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten  Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Lampung Selatan, Mulyadi Saleh yang membuka kegiatan itu berharap, operasi pasar murah itu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang lebih murah.

“Saya mengimbau, agar masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan pasar murah ini dengan sebaik-sebaiknya. Berbelanja secara tertib dan teratur, sehingga pelaksanaannya berjalan lancar,” katanya.

Loading...

Selanjutnya, Disperindag Lampung Selatan akan melaksanakan operasi pasar murah di Pasar Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, pada Rabu (8/5/2019) besok. Lalu pada hari Kamis (9/5/2019) dilanjutkan di Lapangan Desa Palas Aji, Kecamatan Palas. santi

Tinggalkan Balasan