Dinsos NTT Berdayakan Penyandang Cacat

oleh -288 views
Elias Djo
MBAY, HR – Dinas Sosial Provinsi NTT menggelar acara bagi para penyandang cacat yang bertempat di Aula Kantor Bupati Nagekeo. Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Dinas Sosial menyapa orang-orang dengan kecacatan di Nagekeo. Kehadiran UPSK di Nagekeo bertujuan meng-asesmen seluruh orang dengan kecacatan di daerah itu. Kegiatan yang bergerak dalam tim terpadu ini terdiri dari pendataan, konsultasi, rujukan terhadap orang dengan kecacatan kepada instansi pemerintah maupun swasta, selasa (14/4).
Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan UPSK, Geger Prayitno mengatakan, kegiatan UPSK merupakan salah satu sarana pelayanan bergerak yang berbasis pada masyarakat di tingkat desa. Tujuannya menjaring dan mendeteksi orang dengan kecacatan sebanyak-banyaknya guna pemberdayaan pada masa yang akan datang sesuai derajat kecacatan.
Geger mengatakan, UPSK melibatkan instansi terkait serta dari seluruh profesi dengan harapan seluruh orang dengan kecacatan di Nagekeo dapat di-asesmen.
Geger mengungkapkan, UPSK semata-mata sebuah pelayanan terhadap para penyandang cacat yang berada di wilayah yang belum pernah mendapat pelayanan rehabilitasi sosial penyandang cacat.
Bupati Nagekeo, Elias Djo, dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan acara tersebut, mengatakan, keberadaan orang dengan kecacatan di tengah masyarakat terkadang menyulitkan keluarga terdekat.
“Namun keberadaan mereka, sesungguhnya membangkitkan semangat bagi kita untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka yang ada di sekitar kita,” kata Elias.
Elias mengungkapkan, pemerintah juga berterimakasih kepada Yayasan Alma yang mendirikan Panti di Boanio, Desa Olaia Kecamatan Aesesa dan Panti Mundemi, Kecamatan Keo Tengah, yang telah mengasuh anak-anak penyandang cacat di daerah itu.
Kepala Seksi Penyandang Cacat (Paca) Dinsos NTT, Fredrik Muskanan, mengatakan, UPSK yang digelar hari itu merupakan satu rangkaian kegiatan yang dilakukan Dinsos NTT dalam menjangkau anak-anak dengan kecacatan yang belum mendapat pelayanan sosial.
Dalam kegiatan UPSK di Mbay Nagekeo, Dinsos NTT menyerahkan bantuan berupa tujuh buah kursi roda, tiga unit hearing ID (alat bantu dengar) tiga unit kruk ketiak, tiga unit triport, tujuh buah tongkat tuna netra.*

Tinggalkan Balasan