Dihadapan Menteri Agama RI Pj Gubernur Ridwan Banggakan Kohesi Sosial Masyarakat di Kepulauan Babel

oleh -502 views
oleh
Dihadapan Menteri Agama RI Pj Gubernur Ridwan Banggakan Kohesi Sosial Masyarakat di Kepulauan Babel.

PANGKALPINANG, HR – ‘Kohesi Sosial’ adalah dua kata yang selalu dibanggakan dan digaungkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin. Praktek kohesi sosial ini juga yang diungkapkannya dihadapan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam kegiatan peresmian Gedung SBSN dan launching Siskohat Mobile, pencanangan Kelurahan Sadar Kerukunan dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Vihara Sheng Te bdi di Kelurahan Bacang, Rabu (15/3/2023).

“Kami sangat senang dengan kehadiran bapak di sini. Karena bagi kami, di provinsi yang masih muda dan relatif kecil ini, keberagaman masyarakat adalah keniscahayaan. Saya selalu kampanyekan kohesi sosial masyarakat di Babel ini bagus,” ujarnya mengawali sambutan.

Dengan beragamnya suku, agama maupun asal usul dikatakan Pj Gubernur Ridwan tidak pernah menimbulkan gejolak sosial.

“Karena sejak ratusan tahun yang lalu, masyarakat Babel sudah hidup berdampingan dan rukun dalam keberagaman, bagaikan Indonesia kecil. Tidak ada kerusuhan sosial, isu sara, juga perilaku yang membedakan asal usul dan agama. Di sini rumah ibadah agama yang berbeda pun saling berdampingan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kohesi sosial masyarakat Kep. Babel dikatakannya menjadi modal sosial untuk menarik investor.

“Kami berharap investor bisa datang dengan nyaman. Di saat gejolak sosial terjadi di beberapa wilayah Indonesia, sempat beberapa investor merasa was was juga. Namun, Alhamdulillah tempat kami (Kep. Babel) dimata investor internasional masih dianggap aman. Ini yang harus kami jaga,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur juga berharap agar pemuka agama, tokoh masyarakat dapat bersinergi untuk memerangi narkoba, serta menurunkan angka pernikahan dini dan perceraian.

Sepakat dengan Pj Gubernur, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi kerukunan masyarakat di Kep. Babel.

“Betul apa yang diungkapkan Pj Gubernur, Babel ini ibarat Indonesia kecil. Berbicara mengenai rumah ibadah yang berdampingan, saya rasa sudah agak jarang kita temui. Namun, di Kep. Babel ada. Mudah mudahan kita semua bisa merawat ini dengan baik,” ujarnya.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan Yaqut Cholil untuk mengajak masyarakat untuk mencintai NKRI.

“Dengan terus merawat keragaman yang kita miliki sebagai sebuah kekuatan. Kita punya Pancasila yang menyatukan kita. Ini menjadi titik sepakat dari segala perbedaan yang kita miliki,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan Menteri Agama RI melakukan penandatanganan prasasti diantaranya prasasti peletakan batu pertama pembangunan Vihara Sheng Te dan gedung ruang kelas baru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bangka Barat. agus priadi

Tinggalkan Balasan