Dharma Negara di Sambut Warga Nelayan Serangan

oleh -196 views
DENPASAR, HR – Kehadiran pasangan calon walikota Denpasar nomor urut 1 IB Rai Dharmawijaya Mantra-IGN Jayanegara (Dharma Negara) di Serangan disambut gembira warga setempat.
Sejumlah aspirasi pun disampaikan antara lain pembangunan dermaga serta status Serangan sebagai cagar budaya. Acara pada Selasa (13/10) diawali Dharmanegara dengan menggelar persembahyangan di Pura Sakenan bersama tim.
Usai menggelar doa selama satu jam, mereka kemudian menggelar dialog dengan kelompok nelayan Serangan bertempat di pantai bagian timur serangan. Suasana terlihat akrab dan antusias. “Kami berharap dan memberikan dukunga agar Dharmanegara kembali memimpin Kota Denpasar,” kata Wayan Loka, ketua kelompok nelayan.
Selain menyatakan dukungan, dalam kesempatan ini kelompok nelayan Serangan mengajukan sejumlah aspirasi. Salah satunya adalah menetapkan Kampung Bugis Serangan sebagai cagar budaya Kota Denpasar. meliputi perkampungan, masjid dan kuburan tua milik komunitas Bugis yang sudah turun temurun hidup di Serangan.
Apalagi warga keturuna Bugis di Serangan telah hidup membaur dengan baik dan berperan dalam membangun Serangan. “Kami berharap kampung Bugis bisa ditetapkan sebagai cagar budaya dengan segala kekhasan dan peninggalannya,” kata Loka.
Selain cagar budaya, Loka juga meminta Pemerintah Kota Denpasar untuk membangun dermaga apung. Dermaga ini sangat dibutuhkan nelayan, baik untuk sandaran kapal penangkap ikan maupun kapal-kapal pariwisata yang sering datang ke Serangan. Demikian pula halnya dengan permasalah sertifikat tanah warga untuk sgera diselesaikan.
Kepada warga setempat Rai Mantra mengatakan beberapa aspirasi warga sedang dalam proses penyelesaian. “Kami tentunya mengharapkan partisipasi warga sangat diperlukan. Baik itu dalam rangka menjaga keleastarian lingkungan maupun pengembangan ekonomi. Misalnya, dengan mewujudkan Serangan bebas Sampah,” ujarnya.
Berkaitan dengan pilwali, Dharmanegara meminta restu dari para nelayan Serangan. Namun, Rai Mantra juga menekankan agar menjaga harmoni dan kondisi agar tetap aman dan nyaman. Jangan sampai hanya karena isu-isu politik kemudian terjadi pertentangan. ans

Tinggalkan Balasan