Dapat Disclaimer SDM PNS Subang Harus Digenjot

oleh -226 views
Wabup Subang Imas Aryumingingsih
SUBANG, HR – Wakil Bupati Subang Imas Aryumingingsih menegaskan Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus digenjot dan ditingkatkan lagi.
Imas mengakui, dengan rekomendasi BPK Disclaimer atas APBD Subang salah satunya faktor SDM pegawai dari tingkat atasan sampai bawahan. Ia menerangkan, tidak semua Dinas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya yang bekerja cepat, inovatif dan tepat.
“SDM kita belum sekarang keliatan, ini juga yang menjadi salah satu faktor Subang mendapat disclaimer. Semuanya saja, dari atas sampai bawah. Karena inikan berkesinambungan, misalnya ada satu kerjaan yang libatkan beberapa dinas, yang satu dinas bagus, yang satunya lambat, bisa saja hasilnya tidak baik,” papar Imas kepada HR usai Upacara Kesadaran Disiplin Nasional.
Ada tiga karakter lemahnya SDM. Imas merinci ada yang tidak mampu tapi tidak sadar ketidak mampuannya, mampu tapi males dan ketiga tidak memiliki semangat juang. Padahal menurut dia, sebagai abdi negara, PNS harus memiliki sifat dan sikap kekompakan dan bertanggung jawab dengan tugas fungsi dan pokoknya.
“Saya sarankan mereka baca media, itu bisa menambah pengetahuan. Misalnya ada undang-undang atau info-info dari pusat, dengan baca berita mereka bisa tau. Meningkatkan SDM salah satunya bisa dari berita,” paparnya.
Jika soal SDM pejabat dianggap kurang memadai, namun soal kedisplinan pejabat, Imas menyebutkan sudah cukup bagus.
Ditinjau dari absensi kehadiran, saat ini sudah 80% pegawai hadir dan ikut upacara. “Sekarang lumayan, lihat saja kehadiran apel, dan absen sekarag kan menggunakan sistem elektronik. Jam 7.30 mereka harus masuk, sekarang sudah keliatan 80%, sisanya ada tugas diklat, atau halangan sakit,” jelasnya.
“Kesadaran disiplin nasional, bahwa kita sebagai abdi negara harus menjalankan tugas, tanggung jawab dan ikhlas pasti hasilnya akan baik. Tujuan program gapura permata bisa tercapai,” pungkasnya. ■ herpan

Tinggalkan Balasan