Dana Desa Belum Cair, Proyek Sudah Selesai Dikerjakan

oleh -512 views

CIAMIS, HR – Meski dana desa (DD) tahap 1 di kabupatem Ciamis belum keluar, namun sudah ada desa yang mengerjakan pekerjaan.

Salah satunya yaitu desa Pasawahan, kecamatan Banjaranyar, kabupaten Ciamis. Desa tersebut sudah mengerjakan 100% pekerjaan fisik menggunakan dana talangan.

Ada dua pekerjaan fisik yang sudah dilaksanakan pekerjaannya diantaranya yaitu, pengadaan bahan material pembangunan pasar dan pembuatan lapangan.

Semua pekerjaan tersebut tidak disertai papan informasi kegiatan. Sedangkan untuk pengadaan pasar sendiri menghabiskan dana sebesar Rp 100 juta dan untuk pembuatan lapangan menghabiskan dana Rp.100 juta.

Semua pekerjaan sudah selesai dilaksanakan pada awal Februari 2019. Menurut Kasi Ekbang Desa Pasawahan melalui sambungan telepon mengatakan, sudah mengerjakan pekerjaan tersebut menggunakan dana talangan dan dana talangan tersebut uangnya dari Kades.

Nominal dana masing-masing pekerjaan untuk lapangan menghabiskan biaya Rp100 juta dan untuk pengadaan material pasar Rp.100 juta pekerjaan juga sudah dianggap selesai.

Senada dengan Kasi Ekbang desa Pasawahan, Kades Pasawahan Jajang mengatakan, untuk pekerjaan tersebut tidak ada masalah, juga tidak merugikan masyarakat, bahkan tidak merugikan negara.

“Untuk pengerjaan lapang sendiri saya sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan, sebab pengerjaan lapangan harus menggunakan alat berat, karena harus seimbang dengan perencaan, takutnya nanti akan meledak dalam masalah pembiayaan antara pekerjaan tidak sesuai dengan perencaan,” ungkapnya.

Loading...

Mendengar situasi di lapangan kasi pemerintahan kecamatan banjaranyar Mumuh juga memberikan komentar. Menurutnya, “jika mengacu pada aturan yang seharusnya ditempuh dan dilaksanakan, manakala uang sudah masuk ke rekening ada pengadaan material baru pengerjaan dan juga disertai pemasangan papan informasi kegiatan sehingga nantinya transparan,” tandasnya. koes

Tinggalkan Balasan