Bupati Launching Desa Tangguh Raharja Cegah Covid-19

oleh -241 views

MAJALENGKA, HR – Bupati Majalengka Karna Sobahi melaunching desa tangguh raharja cegah covid 19 yang bertempat di Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten, Rabu (24/06/2020).

Dalam sambutannya Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan dengan membentuk desa tangguh ini semoga menjadi pilot projek bagaimana mencegah virus Covid-19 ini, dan bisa diikuti oleh desa desa lainnya di Kabupaten Majalengka.

“Dengan adanya launching desa tangguh ini kembali membangkitkan kultur kebersamaan atau gotong royong di dalam kehidupan masyarakat dalam menangkal virus ini,” ujar Karna.

Masih kata dia, dengan adanya virus ini semua perjalanan dalam pembangunan di Kabupaten Majalengka yang sudah direncanakan menjadi goyah, semua anggaram tidak bisa dijalankan, baik dari APBD Kabupaten Majalengka, DAK digunakan Covid termasuk dana transfer dari pemerintah pusat semua anggaram direfousing, dan harapannya atau tujuan nya hanya untuk mempertahankan kehidupan rakyat.

“Kita tidak akan menyerah dalam menghadapi pandemi Covid ini, bagaimana kita memghidupkan lagi PKl, pasar, hotel, restoran, objek wisata dan lainnya, dengan menerapkan protokol kesehatan. Saat ini kita berada di PSBB proporsional akan menuju AKB. Bagaimana membangun masyarakat yang sehat, terhindar dari virus ini. Dari pemerintah daerah kita sudah menjalankan tata kelola peraturan sudah sesuai aturan prosedur, petunjuk dari pusat dan provinsi seperti cara merefousing anggaran untuk kepentingan Covid-19. Kemudian bagaimana tata cara melakukan pencegahan termasuk menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak dengan berbagai fara agar terhindar dari virus ini. Serta secara khusus dilakukan pendampingan dengan kejaksaan negeri Majalengka tetkait anggaran Covid-19 ini,” tutup Karna.

Sementara itu Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso menyampaikan bahwa sesuai perintah Kapolri maka dilaksanakan adanya kampung tangguh atau desa tangguh raharja ini.

“Dengan digagasnya desa tangguh ini maka akan menumbuhkan kembali rasa gotong royong di masyarakat yang sangat merasakan sekali dampak dari pandemi Covid ini. Kita harus bergerak bersama secara produktif dan inovatif demi kemakmuran bersama menuju Majalengka Raharja, ” ungkapnya.

Loading...

Terpilihnya Desa Liangjulang sebagai percontohan desa tangguh raharja karena dilihat dari tangguh dalam kesehatan jasmani dan rohani. Kedua tangguh secara sosial ekonomi, kemudian memiliki ruang isolasi khusus jika ditemukan adanya suspect corona ini serta memiliki ketahanan pangan pertanian maupun perikanan. Dan diberikannya penyuluhan baik bidang pertanian, UMKM dan lainnya. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan