Bupati Garut Ucapkan Selamat kepada Wartawan yang Ikut UKW

oleh -523 views
oleh
Bupati Garut Ucapkan Selamat kepada Wartawan yang Ikut UKW.

GARUT, HR – Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH. MH, mengapresiasi kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) korda Garut.

Kegiatan UKW yang bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) yang dilaksanakan di Hotel Alamanda dari tanggal 9- 12-13 Desember 2023, diikuti oleh 36 peserta. Dari seluruh peserta yang megikuti ujian, 98 persen dinyatakan lulus dan kompeten.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta UKW dan alhamdulilah banyak yang lulus,” ujar Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, kepada harapanrakyat.com, Kamis (14/12/2023),

Rudy mengatakan bahwa, uji kompetensi wartawan (UKW) ini memang sangat penting sekali bagi wartawan, karena dengan UKW ini wartawan bisa menunjukkan profesionalismenya dalam menjalankan tugas peliputan berita.

“Wartawan ini merupakan profesi, jadi perlu uji kompetensi. Dengan UKW ini wartawan bisa menunjukan kredibilitas dan profesionalismenya,” terangnya.

Rudy menjelaskan bahwa, dalam UKW ini Pemerintah Kabupaten Garut memberikan bantuan untuk biaya uji kompetensi ini, karena profesi wartawan ini berada dalam naungan dewan pers yang dibentuk undang-undang.

“Kita bantu biayanya, supaya wartawan di Garut lebih kredibel dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Margiyanto SH, berharap UKW ini bisa memperkuat hubungan konstruktif antara pemerintah daerah dan insan pers, ia menekankan pentingnya memberikan informasi yang sehat dan akurat kepada masyarakat, khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Ia berharap setelah dilakukan UKW ini, tidak ada lagi berita-berita yang hanya sekadar mengejar rating atau mengejar viral, yang kemudian menimbulkan disinformasi bagi masyarakat dan selalu menjaga netralitas bersama tidak berpihak kepada siapapun, dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Saya berharap sekaligus mengajak teman-teman media untuk bersama-sama mengembangkan demokrasi secara sehat, dengan memberikan informasi yang benar-benar baik kepada masyarakat terkait dengan presentasi pemilu dan tetap menjaga netralitas bersama,” tandasnya.deni

Tinggalkan Balasan