Bupati Dikukuhkan jadi Bapak Bedah Budaya

oleh -218 views
DOLOK MASIHUL, HR – Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya itu sendiri terbentuk dari banyak unsur termasuk agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan dan karya seni, sehingga tak terpisahkan dari diri manusia yang cenderung diwariskan secara turun temurun.
Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman dalam sambutan pada acara Temu Kangen Bedah Budaya yang digelar di Dusun I Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (14/2).
Dilanjutkan oleh Bupati Soekirman, bahwa seni dan budaya adalah suatu hal yang cukup penting dan perlu terus dikembangkan ditengah-tengah masyarakat. Seni dan budaya daerah yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini juga merupakan aset bangsa yang perlu dilestarikan terutama dalam mencegah terjadinya krisis budaya dan tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan masyarakat.
Dalam kesempatan sama, Camat Dolok Masihul menyampaikan bahwa di kecamatan ini membuat motto “Bersaudara” (bersih, santun, damai, aman dan ramah). Untuk kedepannya Bersaudara ini akan membantu melanjutkan sekaligus menjalankan roda Pemerintahan.
Sebelumnya, Ketua panitia penyelenggara Boirin mengatakan, bahwa tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan kembali seni budaya Jawa yang semakin menurun karena tergerus waktu. Selain itu, juga sebagai wadah silaturahmi untuk melestarikan sekaligus mempersatukan masyarakat.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sergai AKBP Guntur Agung Supono, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Enggar Pareanom, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua MUI Sergai Lukman Yahya, Ketua KONI Sergai Darma Wijaya, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, para Camat, Kades, Ormas si Baja, Himasdat, Kerabat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, jajaran PNS Kecamatan Dolok Masihul serta ratusan masyarakat lainnya yang ada di beberapa kabupaten Sergai.
Acara tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan oleh tim bedah budaya kepada Bupati Soekirman sebagai “Bapak Bedah Budaya” didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, juga Pelantikan Majelis Ulama Kecamatan Dolok Masihul, pelantikan Dolok Masihul “Bersaudara” pemberian santunan kepada kaum dhuafa. Turut juga kesenian budaya Jawa memeriahkan acara bedah budaya seperti Reog Soponyono, Buto Cakil dan Ludruk.

PKK Kunjungan

Sebelumnya, pada pagi hari, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman didampingi Asisten Pemerintahan Umum (Pemun) beserta anggota tim melakukan kunjungan penilaian lomba Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2015 bertempat di kantor Kecamatan Tebing Tinggi. Kunjungan ini merupakan yang ke-tujuh dalam penilaian tersebut. ■ p silaban

Tinggalkan Balasan