Bupati Buka Pameran Batu Akik

oleh -464 views
Milton Crosby saat membuka acara pameran batu akik
SINTANG, HR – Ajang pameran dan kontes batu akik se Kalimantan Barat yang berpusat di Kab Sintang, dibuka secara resmi oleh Bupati Sintang, Milton Crosby, Minggu (10/5), sekaligus Hari Jadi Kota Sintang ke-653 tahun.
Pameran yang akan berlangsung selama 5 hari dimulai 10-15 Mei 2015 di halaman depan Istana Al-Mukkaramah Kabupaten Sintang, pembukaan pameran dan kontes batu akik se-Kalimantan Barat tahun 2015 itu ditandai dengan pemukulan gong.
Sebanyak 75 peserta yang mendaftar pada kegiatan ini, hanya sekitar 60 peserta yang mengikuti kegiatan pameran dan kontes batu akik, yakni dari Kabupaten Sintang sebanyak 44 peserta, Kabupaten Sekadau 4 peserta, Sanggau 8 peserta, Sambas 1 peserta, Kapuas Hulu 1 peserta, Melawi 1 peserta, dan Pontianak 1 peserta. Rangkaian acara ini juga meliputi bidang dan keahlian seperti pameran batu akik, kontes batu lokal Sintang, Kontes umum Kalbar, dan lomba mengasah batu. Ucap ketua Panitia penyelenggaraan batu akik.
Bupati mengatakan, Pemkab Sintang mendukung terselenggaranya acara ini. Dengan adanya kegiatan ini merupakan upaya menyatukan pengrajin batu akik, pengguna batu akik, dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang sumber daya alam yang ada di Kabupaten Sintang ini, seperti batu akik yang memiliki nilai jual yang tinggi.
Milton menambahkan, acara ini tentunya berdampak pada peningkatan ekonomi pengrajin batu akik, penambang batu, dan pedagang batu cincin itu sendiri.
Berbagai jenis batu akik seperti kecubung, safir, badar besi, biduri hijau, merah ruby dan sebagainya banyak dijumpai semua kecamatan yang ada. Hal ini juga berpotensi membuat peluang usaha baru jika dikelola dengan baik serta akan berdampak positif pada kehidupan ekonomi masyarakat.
Milton juga memberikan apresiasi kepada panitia yang telah terselenggarakan pameran dan kontes batu akik ini. Dengan adanya acara ini dapat mendorong produktifitas masyarakat di segala bidang menjadi prioritas utama pemerintah daerah. ■ hot

Tinggalkan Balasan