Buku Digital Tingkatkan Budaya Baca Rakyat Indonesia

oleh -241 views
JAKARTA, HR – Digidu merupakan aplikasi digital berbentuk buku yang didalamnya terdapat konten multimedia seperti audio, video, animasi dan narrator yang dikemas dengan tampilan desain menarik sehingga diharapkan bisa meningkatkan minat baca generasi muda Indonesia.
Dilatarbelakangi dari budaya membaca yang sangat rendah di Indonesia dimana menurut Hasil survey PISA (Programme for International Student Assesment) menyebutkan bahwa minat baca siswa Indonesia berada pada urutan ke 57 dari 65 negara, Hasil Survey Unesco menyebutkan indeks minat baca masyarakat Indonesia 0.01 artinya dari 1.000 orang hanya 1 yang membaca. Tidak dapat dipung kiri kemajuan teknologi seperti gadget lebih menarik disbanding membaca.
Berdasar hasil tersebut mendorong para pemuda berlatar belakang beragam dari UI, ITB dan Unikom untuk menciptakan inovasi digital yang diberi nama DIGIDU. Menciptakan Buku Bacaan Digital Multimedia yang diharapkan bisa menarik serta meningkatkan minat baca siswa yang menyukai banyak hal secara visual dan interaktif.
Semenjak 17 Agustus 2014 digidu telah mulai berkontribusi dengan mulai membuat aplikasi digital dan dibagikan secara gratis. Setiap bulan kita menghasilkan 2 materi pelajaran yang “awalnya hanya” dikhususkan untuk SMP yang mengacu pada kurikulum 2013 dan ada beberapa materi umum seperti “Amazing Indonesia” yang dibuat untuk meningkatkan rasa cinta terhadap Indonesia dengan banyak menampilkan tempat-tempat pariwisata. Semenjak itu jumlah user sudah mencapai 1.500 dan lebih dari 100.000 download yang kebanyakan adalah Guru dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.
Prestasi Nasional digidu yang telah diraih hingga saat ini yaitu Technopreneur Camp IV yang diselenggarakan oleh BPPT, Kementerian Ekonomi dan Produk Inovasi Nasional dari Kementerian Koprasi dan UMKM, Finalis Nasional Wirausaha Sosial Mandiri 2014. Sekarang digidu di dukung oleh Balai Inkubator Teknologi (BIT-BPPT) dalam mengembangkan Produknya.
Respon positifini mendorong tim digidu untuk mengembangkan aplikasi yang tadinya hanya bisa dibuka di desktop (computer atau laptop) agar bisa di kembangkan berbasis mobile (Android & iOs) yang ditujukan agar segmen pengguna semakin luas sehingga manfaat aplikasi bisa diterima oleh kalangan masyarakat yang lebih luas.
Maka dari itu tim digidu melakukan penggalangan dana untuk pembuatan aplikasi berbasis mobile tersebut dengan mengikuti program Crowdfunding, info lengkapnya silahkan buka di https://kitabisa.com/digidu. Setiap donasi yang diterima akan ada reward khusus berupa materi digidu dengan pilihan paket yang sudah disediakan. ■ tim

Tinggalkan Balasan