BPN Buka Pelayanan pada Sabtu dan Minggu

oleh -211 views
BADUNG, HR – Setiap Badan Pertanahan Nasional (BPN) di kota/kabupaten di seluruh Indonesia, diinstruksikan tetap melayani masyarakat yang hendak mengurus administrasi pertanahannya di akhir pekan. Pelayanan pertanahan pun harus dilakukan dengan cepat, murah, dan mudah.
Kepala BPN Badung
“Mengurus tanah di BPN itu syaratnya tidak susah kok,” jelas Kepala BPN Badung beberapa waktu lalu.
Ditambahkan juga oleh pria berkumis ini, di dalam prosesnya tidak perlu waktu lama dan biayanya pun murah. “Sekarang bisa dilakukan pada akhir pekan hari Sabtu atau Minggu. Seperti BPN Kabupaten Badung yang membuka layanan di hari libur tersebut. I Gede Sukardan Ritmasa, SH, menambahkan di sela-sela waktunya, saat menerima awak HR di ruangannya. “Layanan pertanahan Sabtu-Minggu ini mudah, murah dan cepat kok,” kata terang Sukardan.
Atas layanan Sabtu-Minggu di BPN Badung, mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama yang tidak bisa mengurus di hari biasa. Dijelaskan juga oleh Sukardan, yang pertama-pertama menjabat sebagai orang Bali asli di BPN Kabupaten terkaya kedua ini, Hal itu sebagai wujud proaktif BPN dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.
“Sebenarnya layanan ini telah kami luncurkan pada November tahun lalu. Jadi, kita ingin memastikan bahwa pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat itu tidak mengenal hari kerja,” ucap dia.
Dengan adanya gerai weekend service dari BPN Kabupaten Badung tersebut, pelayanan akan lebih maksimal. Pasalnya, Badung selama ini menjadi salah satu kawasan yang menjadi incaran para investor. Tentu ini harus diimbangi dengan pelayanan yang baik dan positif.
Ia berharap, melalui adanya gerai layanan pertanahan akhir pekan tersebut, masyarakat pun bisa lebih memudahkan masyarakat di dalam mengurus sertifikat tanah mereka, tanpa perlu melalui calo mengurus surat-surat pertanahan.
Seorang warga yang saat itu juga memanfaatkan gerai layanan akhir pekan BPN Kabupaten Badung, I Wayan Karna merasa terbantu dengan adanya layanan tersebut. Menurut dia, dengan adanya layanan akhir pekan ini, dia bisa mengurus administrasi pertanahannya tanpa harus meninggalkan pekerjaannya sebagai PNS
“Saya berharap layanan ini digelar jangan hanya lantaran ada pak menteri yang datang, melainkan ke depannya pun harus tetap dilakukan. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya layanan akhir pekan ini,” tutur dia. ans

Tinggalkan Balasan