BKPL Lamsel Akan Lakukan Pendataan Seluruh Pegawai

oleh -181 views
LAMSEL, HR – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKPL) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), akan melakukan pendataan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam waktu dekat ini.
Rencananya, pihak BKPL Kabupaten Lamsel akan memulai sosialisasi rencana pendataan tersebut, Selasa (22/9) dari PNS tingkat kecamatan, hingga PNS di kabupaten.
Kepala BKPL Kabupaten Lamsel Akar Wibowo diwakili Sekretarisnya E. Rahmat Sukmana diruang kerjanya kepada wartawan mengatakan, dilakukan pendataan kepada ribuan PNS di Kabupaten Lamsel untuk mendapatkan data yang akurat sebagai dasar penyusunan database Aparatur Sipil Negara (ASN). Dikarenakan, kata E. Rahmat Sukmana yang akrab disapa Encang ini, status nama PNS di Indonesia akan berubah menjadi ASN.
“Pendataan PNS ini dilakukan secara elektronik (e-PUPNS 2015) merupakan kegiatan nasional. Dalam pelaksanaannya, menggunakan media (Tool) berbasis jaringan internet dengan cara mengakses portal PUPNS dengan alamat http://pupns.bkn.go.id.
Tujuannya untuk akurasi data PNS, dan setelah akurat, nama PNS akan berubah menjadi ASN,”terang mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sragi itu. 
Lebih lanjut Sekretaris BKPL ini mengutarakan, pihaknya melakukan pendataan tersebut didasari Undang-Undang (UU) Nomor 05 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan pendataan ulang PNS secara elektronik tahun 2015, dan SK BKN Nomor:K.26-30/V.77-4/99 tanggal 27 Juli 2015 tentang implementasi e-PUPNS. “Sedangkan alur kegiatan kita mulai dengan persiapan, sosialisasi, pendaftaran, pengisian, verifikasi level I, dan II, verifikasi kantor regional BKN dan BKN Pusat, selanjutnya penarikan data,”beber E. Rahmat Sukmana.
Lebih jauh dikatakannya, pendataan tersebut telah ditunggu oleh Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Oleh karena itu, pihak BKPL Kabupaten Lamsel akan menyelesaikan pendataan semua PNS di Kabupaten Lamsel selesai sebelum awal tahun 2016 mendatang. “Data ini akan diminta pemerintah pusat, sebelum 1 Januari 2016 harus selesai. Maka dari itu, kita akan menargetkan sebelum tanggal tersebut, pendataan PNS se-Kabupaten Lamsel sudah kelar, dan siap disetorkan ke pusat,”katanya.
Untuk diketahui bersama, tambahnya, berdasarkan data yang dimiliki BKPL Kabupaten Lamsel, PNS seluruh Kabupaten Lamsel baik fungsional maupun struktural mulai dari berpangkat Golongan I, II, III, dan IV berjumlah 9.503 pegawai. “Sedangkan untuk Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS) berjumlah 1.544 orang,”pungkasnya. santi

Tinggalkan Balasan