Bergairah, Rp 3,7 M Bakal Dikucurkan Untuk Kelurahan di Barito Utara

oleh -406 views
Jufriansyah

MUARA TEWEH, HR – Akhirnya Pemerinta Kelurahan semakin bergairah dengan akan diukucurkanya Rp 3,7 Milliar Tahun 2019 untuk Kelurahan di Kab Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Saat ini tercatat ada 10 Kelurahan di Barito Utara, Kelurahan Melayu, Kelurahan Lanjas, Kelurahan Jinga, Kelurahan Jambu, Kelurahan Montallat I dan II, serta Tumpung Laung I dan II dan Kelurahan Lahei I dengan Lahei II.

Jufriansyah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kab Barito Utara, Jumat (14/06/2019), menjelaskan, bahwa dana yang dikucurkan untuk 10 Kelurahan di Barito Utara nantinya akan ditambah pula dari masing-masing Kecamatan.

“Dari dana Pemerintah Pusat akan dibagikan ke sepuluh Kelurahan dengan masing-masing Kelurahan akan mendapatkan Rp 300,7 juta, serta tambahan anggaran dari pemerintah daerah melalui Kecamatan, jadi nantinya setiap kelurahan akan mendapatkan sebesar Rp 500 juta,” jelas Jufriansyah.

Penggunaan dana kelurahan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, dana ini diarahkan dan digunakan untuk pemberdayaan masyarakat Kelurahan, namun setelah terlebih dahulu melakukan musyawarah tingkangkat Kelurahan.

“Dana Kelurahan memang diarahkan untuk memperdayakan masyarakat, namun berkaitan dengan tehnis, namun sewaktu masyarakat tidak mampu, pihak kelurahan dapat menggunakan jasa pihak ketiga. Sebab dana ini langsung dikelola oleh pihak kelurahan,” tuturnya.

Loading...

Harapanya masyarakat agar bersama sama mengawasi penggunaan dana kelurahan agar nantinya tidak melenceng dan salah dalam penggunaanya. “Mutlak warga turut mengawasi dana bantuan kelurahan yang berasal dari APBN dan APBD ini,” tutup Jufri. mps

Tinggalkan Balasan