Baznas Majalengka Bedah Tiga Rumah Program Rutilahu

Baznas Majalengka Bedah Tiga Rumah Program Rutilahu.

MAJALENGKA, HR – Pemerintah Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Majalengka mengucurkan bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada warga kelurahan Cicenang desa Lamejajar Kecamatan Cigasong, Rabu (05/8/2020).

Peletakan batu pertama bantuan Rutilahu langsung oleh Bupati Majalengka DR. H. Karna Sobahi, M. M. Pd didampingi Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto ,staf ahli Bupati, Baznas Majalengka beserta jajarannya, Kadis Rumkimtan, Camat beserta unsur Muspika Kecamatan Cigasong, Lurah Cicenang beserta jajarannya, relawan Laskar, serta warga masyarakat  blok Lamejajar, terkhusus kepada ibu Anasih beserta keluarga.

Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan pembangunan rumah tidak layak huni ini dananya bersumber dari Baznas, Kecamatan Cigasong, Laskar serta Kelurahan Cicenang, kegiatan ini merupakan bentuk daripada gotong-royong bersama, hal ini harus kita terus gelorakan meskipun ditengah wabah virus Covid-19.

“Saya berterima kasih kepada Camat beserta Lurah yang sudah memfasilitasi untuk pembangunan rumah yang berukuran 7×6 meter milik ibu Anasih dan diharapkan dalam waktu dekat dapat diselesaikan, “hari ada tiga yang silauching diantaranya Sukajadi, Mekarwangi dan Lamejajar,” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan banyakannya rumah yang harus dibantu dalam program Rutilahu di Majalengka itu menuntut Bupati sebagai pelayan rakyat berusaha terus untuk mencari solusi membantu masyarakat dalam membangun rumah sederhana ini, oleh karena itu hadirnya Baznas sebagai mitra pemerintah daerah serta lembaga dana umat yang menghimpun zakat Mal dari para ASN dan juga masyarakat selalu menampilkan program yang langsung menyentuh masyarakat.

“Bentuk gotong-royong yang harus kita jalankan saat ini adalah berbasis kepada amal shaleh kita oleh karena itu mari kita tingkatkan amal shaleh kita dalam bentuk zakat, infaq dan juga sedekah kepada Baznas Kab.Majalengka karena nantinya dana dari Baznas tersebut akan dipergunakan dalam program Baznas yakni membantu orang yang membutuhkan karena yang kita bantu ini adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan,” jelas Bupati.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Majalengka H. Agus Yadi Ismail mengatakan Selama ini Baznas hadir mensejahterakan masyarakat, menyalurkan zakat bagi yang berhak menerimanya. Untuk program rehab rumah  ‘Rutilahu’ bagi rumah masyarakat miskin dan tidak mampu,” jelas H Agus.

Menurutnya, mekanisme untuk mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan rumah biasanya pihak desa melaporkan kepada kami melalui proposal permohonan bantuan dana. Setelah itu tim dari Baznas akan meninjau atau melakukan assessment langsung ke lokasi dan jika memenuhi syarat makan permohonan dana bisa dikabulkan.

Tentunya ada mekanisme hingga akhirnya dana bantuan sampai ke masyarakat. Kebanyakan kita melalui proposal yang diajukan oleh desa setempat,” ujar Agus.

Loading...

Lebih lanjut H Agus, “menyampaikan Pihaknya menyalurkan bantuan dana sebesar Rp 25 juta  di tambah bantuan dari Laskar dan Pemerintah  setempat,Saya kira Cukup,” pungkasnya. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan