Azwari Helmi Wakil Ketua III Pertanyakan Keberadaan Satgas Tambang

oleh -49 views
Azwari Helmi Wakil Ketua III Pertanyakan Keberadaan Satgas Tambang.

PANGKALPINANG, HR – Wakil Ketua Komisi III  DPRD Bangka Belitung,  Azwari Helmi, mengkritisi keberadaan satgas tambang atau TP4TI.Menurutnya, sejumlah aktivitas tambang ilegal masih saja terjadi disejumlah daerah dan mereka tidak mengetahui terkait legalitas dan anggota dari satgas ini.

Politikus PPP ini, mengatakan keberadaan satgas ini apakah masih dibutuhkan atau tidak, untuk tahun mendatang, karena bakal dievaluasi DPRD.

“Ini sudah akhir tahun, kita akan tanyakan apakah satgas ini masih diperlukan atau tidak untuk tahun depan.? Gimana kinerjanya, kami ingin tahu. Untuk itu kami akan koordinasikan dengan Pj Gubernur  Babel untuk dapat menyikapinya,” kata Helmi kepada media Selasa (22/11/2022).

Helmi menegaskan, dari mulai terbentuknya satgas hingga hari ini, mereka belum pernah melakukan tatap muka atau berkoordinasi langsung dengan anggota satgas yang dibentuk  Pj Gubernur Bangka Belitung.

“Kami sejauh ini belum pernah berkoordinasi dengan satgas tambang ini. Sejauh mana kinerja mereka kami belum tahu. Kami akan jadwal melalui badan musyawarah, melakukan pertemuan dengan satgas tambang ini,” tegasnya.

Lebih jauh, Helmi mengatakan komisi III  DPRD Bangka Belitung bakal melakukan evaluasi berkaitan keseriusan pemerintah daerah, berkaitan dengan wilayah pertambangan rakyat (WPR).

“Terkait WPR ini apakah masih ranahnya gubernur. Tetapi belum ada keluar WPR, belum ada. Bagaimana juga keseriusanya pemerintah terkait WPR ini, kami minta untuk cepat dialokasikan,” tegasnya.

Terkait, kewenangan antara pemeritah pusat dan daerah, Helmi mengharapkan persoalan pertambangan ini dapat segera diselesaikan.

“Kalau memang itu wilayah gubernur kita minta cepat dialokasikan wilayah WPR. Tetapi apabila nanti ranahnya ke kementrian, tentunya perlu dilakukan koordinasi bikin surat atau datang ke sana. Ini harus ditanggapi cepat, karena masyarakat sudah meminta,” harap Helmi.

Sebelumnya Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin telah membentuk satgas tambang timah ilegal di Babel sejak 5 bulan lalu.

Loading...

Saat itu ditunjuklah oleh PJ Gubernur,Thamron alias Aon pengusaha timah asal Koba Bangka tengah sebagai ketua satgasnya yang berganti nama menjadi TP4TI.Namun sampai sekarang dinilai tidak jelas keberadaannya oleh Azwari Helmi. agus priadi

Tinggalkan Balasan