Atasi Kebakaran, Mobil Tangga Dibutuhkan

Yayan Arianto
DEPOK, HR – Dalam rangka meningkatkan pelayanan yang cepat dalam mengatasi masalah penanganan kebakaran di kota Depok, Kepala Dinas Damkar kota Depok Yayan Arianto, bersama Kabid Sarana dan Prasarana Kota Depok Tatang Sudirman bersama-sama berjuang untuk mendapatkan mobil tangga dari alokasi anggaran belanja daerah kota Depok. Tapi sayangnya sampai saat ini belum juga ada realisasinya.
Mereka mengharapkan agar di ulang tahun kota Depok yang ke-16 ini pemerintah kota Depok harus menyediakan mobil tangga karena sangat dibutuhkan. Menurut Yayan Arianto untuk mempercepat mengatasi masalah kebakaran sangat membutuhkan mobil tangga.
Salah satu contohnya adalah ketika terjadi kebakaran di gedung yang tinggi dengan lantai yang memiliki beberapa tingkat, maka hanya mobil tanggalah yang mampu secara sigap untuk menyirami air dalam memadamkan api.
Tanpa mobil tangga maka akan cukup kewalahan dalam menangani masalah kebakaran gedung bertingkat. Menurut yayan arianto, bahwa ada 181 kejadian kebakaran dari januari sampai dengan tahun 20015, kejadian kebakaran disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ada 110 lebih dari koslet listrik, dan dari gas 81 dan dari puntung rokok ada dua kebakaran yang terjadi.
Dari faktor bakar lilin naik menjadi 40% dan dari tahun kemarin sebanyak 142 kejadian. Dengan melihat adanya peningkatan kejadian kebakaran, maka akan membutuhkan mobil tangga dalam mengatasi masalah kebakaran.
Karena mengingat kedepan apabila kebakaran itu terjadi di gedung yang cukup tinggi, kalau ini terjadi maka tanpa mobil tangga kami pasti kewalahan menanganinya.
Kepala dinas damkar kota Depok melakukan sosialisasi ke termasuk siswa siswa di sekolah wajib mengenal cara mengatasi saat kebakaran terjadi. Hal ini disosialisasikan ke siswa siswi dalam rangka mereka tidak panik saat kebakaran terjadi karena sudah ditunjangi oleh pengetahuan yang memadai dalam menangani masalah kebakaran.
Untuk menunjang pemahaman masyarakat dalam mengatasi kebakaran, maka pihaknya sudah membentuk Satlakar hampir setiap kelurahan dan kecamatan, yaitu dengan cara menyiapkan proteksi, yaitu apabila ada kejadian kebakaran secara cepat juga diketahui, sehingga penanganan cepat diatasi. ■ vero

Tinggalkan Balasan