Apel Siaga Dalam Menghadapi Kemungkinan Munculnya Berbagai Bencana

oleh -207 views
Apel Siaga Dalam Menghadapi Kemungkinan Munculnya Berbagai Bencana.

MUARA TEWEH, HR – Sebagai bentuk antisipasi dengan datangnya musim penghujan ataupun ibarat pepatah ‘Siapkan Payung Sebelum Hujan’. Berdasarkan prediksi BMKG beberapa hari kedepan cuaca tidak bersahabat dan terjadi hujan dan badai di wilayah Kalimantan Tengah pada umumnya, dan Kabupaten Barito Utara khususnya. Terkait hal itu Polres Barito Utara menggelar apel siaga dan gelar pasukan penanganan bencana dalam menangani kejadian bencana alam di wilayah Kabupaten Barito Utara tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan dihalaman Polres Barito Utara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma, Selasa (02/11/21).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Barito Utara Dodo Hendro Kusuma meminta masyarakat untuk bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam. Baik berupa bencana banjir, tanah longsor atau angin puting beliung seiring sudah masuknya musim penghujan. “Apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapan siagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam. Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi kabupaten Barito Utara,” kata Kapolres Dodo Hendro Kusuma.

Sementara Danramil 1013-03/Teweh Tengah yang turut hadir dalam gelar apel juga meminta kepada pihak BPBD untuk lebih sigap dalam penanganan bencana. Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat, dan siap siaga seluruh peralatan keselamatan, meminta masyarakat untuk bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam. “Baik berupa bencana banjir, tanah longsor atau angin puting beliung seiring sudah masuknya musim penghujan. Mengingat terus terjadinya curah hujan, yang terus menerus, kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, kita selalu siap siaga dan waspada,” jelas Danramil Teweh Tengah.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan monitoring sarana dan prasarana keselamatan dari beberapa petugas penanganan bencana, BPBD, Polres, dan TNI. mps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *