Ajang FLS2N Membangkitkan Kreativitas Pelajar

oleh -200 views

BELITUNG, HR – Hadir untuk membuka secara resmi FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) Jenjang SMK Tingkat Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ajak Kegiatan hari ini dapat dijadikan sebagai ajang berkompetisi secara sehat.

“Tunjukkan ide-ide kreatif kalian karena melalui ide kreatif itu bangsa ini akan dibangun. Banyak orang pintar tetapi sedikit yang kreatif “. Ajaknya yang disampaikan Pj Gubernur Suganda dalam sambutannya di SMK Negeri 1 Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Senin (29/05/2023).

Maka, lanjutnya mengajak untuk bersama merangsang kreativitas anak sehingga anak tidak hanya pandai secara akademis tetapi juga memiliki mental spiritual yang kreatif.

“Perpaduan otak kanan dan otak kiri sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang luar biasa ,” tegasnya.

Didampingi perwakilan Kepala Dinas Pendidikan, Kacabdin wilayah V Belitung, FLS2N bertema Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi ini dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan Gong dan Pelepasan balon.

Pj Gubernur Suganda yang mengajak serta sang istri Maya Suganda Pasaribu karena jabatannya sebagai bunda PAUD dan salah satu sasaran tugasnya adalah untuk konsentrasi pada level paling level yaitu Usia Dini.

Mengapa stunting menjadi program penting dan pertama dilaksanakan pasangan ini karena stunting berdampak buruk bagi bangsa, anak stunting tidak bisa bersaing, anak stunting akan menyebabkan kemiskinan di tahun-tahun yang akan datang.

“Dengan miskin, tidak bisa bersaing secara ekonomi, secara makro akan menyebabkan inflasi karena perputaran ekonomi tidak mampu dipikirkan oleh orang-orang didalamnya,” tegas diingatnya baik ditujukan kepada tenaga pendidik maupun siswa-siswi yang hadir.

Diingatkannya, IPN Babel cukup bagus, tetapi jika dilihat indikator pendidikan secara detail, Babel masih rendah. Hal ini ke depan yang juga ditekannya untuk menjadi target bersama-sama.

“Bapak-ibu pendidik di level SMK untuk dapat mencerdaskan anak didik. Ini tidak mudah,” jelasnya mengingatkan.

FLS2N Ajang Yang Baik Bagi Pelajar Kegiatan hari ini adalah ajang yang bagus sekali, karena bagi Pj Gubernur Suganda, anak-anak yang kreative yang selalu bisa bekomunikasi dan bergaul adalah anak-anak yang tangguh kedepannya, maka sistem pendidikan menuntut anak-anak didik lebih kreatif menimbulkan inovasi yang muncul dari pemikiran mereka.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Pj Gubernur Suganda mengingatkan hal ini tentu tidak terlepas dari para pendidik yaitu bapak-ibu guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Peribahasa ini yang  masih melekat sampai sekarang, dirinya memuji profesi seorang guru karana tidak satu profesipun yang disematkan sebagai pahlawan, kecuali seorang guru.

“kita harus bisa berkolaborasi, tidak mungkin anak-anak kita menjadi pandai sendiri, menjadi berinisiatif tanpa dorongan dan dukungan dari para pendidik,” ajaknya lagi, Babel akan menjadi provinsi yang terkemuka di Indonesia, tetapi dirinya juga menekankan jika semua dikelola dengan baik. Kondisi kekurangan dalam pengamatannya terkait stunting diakibatkan oleh pernikahan dini.

“Ini tanggung jawab bersama, Saya selalu mengatakan bahwa pendidikan itu adalah modal sosial,” tegasnya Ini harus ditanamkan kepada anak-anak didik sejak dini.

Dirinya berharap apa yang disampaikannya menjadi motivasi, khususnya siswa-siswi di SMK ini untuk dapat terus belajar.

“Modal sosial saya sampai ke hari ini adalah pendidikan, maka teruslah belajar dengan giat, jangan pedulikan kata orang.

Mudah – mudahan kita semua tetap semangat membangun Bangka Belitung, membangun Indonesia menjadi negara yang lebih kuat dan maju,” ungkapnya memotivasi. agus priadi

Tinggalkan Balasan