Agar Fokus Ujian , Siswa SDN 1 Krajan Disediakan Sarapan

oleh -293 views
KLATEN, HR – Agar fokus dan konsentrasi dalam melaksanakan ujian, seluruh murid kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Krajan Kecamatan Jatinom Klaten diberikan makan pagi alias sarapan.
Menurut Kepala SDN 1 Krajan, Susilowati hal ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun saat ujian sekolah berlangsung. “Berawal dari siswa yang sulit bangun pagi dan berangkat tergesa-gesa, dirumah belum sempat sarapan kita siapkan makan pagi disekolah. Disamping terdorong dengan temanya yang banyak, maka mereka akan lebih semangat sarapan bareng-bareng, apalagi anak yang sulit untuk makan,“terangnya kepada wartawan, Senin (18/05),
Lebih lanjut Susilowati, mengatakan, para siswa diharuskan datang lebih pagi untuk mempersiapkan materi ujian yang akan dikerjakan pada hari itu . Ketika para siswa datang ke sekolah mereka dianjurkan tidak hanya sarapan namun mereka juga diperintahkan sholat Duha bersama bagi yang beragama muslim. Puluhan siswa pun dengan sangat antusias datang ke sekolah lebih awal, meski saat malam hari kepala sekolah dan guru harus kerja exstra mendatangi dari rumah ke rumah semua murid yang saat ini menjalani ujian.
Tujuan diadakan sarapan pagi di sekolah adalah agar anak menjadi lebih semangat dan tidak lemas saat mengerjakan soal ujian. Karena kebiasaan para siswa tidak sarapan saat berangkat sekolah, hal ini dikhawatirkan bisa membuat siswa tidak bisa konsentrasi saat mengerjakan ujian. Agenda sarapan pagi sudah dijalankan SDN 1 Krajan dari tahun ke tahun meski dananya diambil dari BOS. Menu yang di hidangkan juga sederhana yang penting kebutuhan gizi anak tercukupi.
“Dengan adanya sarapan sebelum pelaksanaan ujian, maka hasilnya pun mengalami peningkatan. Agenda sarapan pagi ini mendapat dukungan positif dari orang tua murid. Setiap hari menunya ganti-ganti ada soto, nasi kuning, telur rebus, kemudian minumnya teh hangat, susu, kacang ijo. Jumlah peserta ujian di SDN 1 Krajan sebanyak 35 siswa dan hari pertama semua hadir, “ terangnya.
Salah satu siswa peserta ujian, Yeni Rahmawati mengaku sangat senang bisa makan bersama teman-temanya. Hal ini membuatnya juga lebih semangat dalam mengerjakan soal ujian. dirinya sangat nyaman terasa tidak ada beban saat menghadapi ujian, karena di sekolah suasana nyaman dan lebih menyenangkan, disamping terdorong semangat dari teman juga motivasi para guru. ■ ani sumadi

Tinggalkan Balasan