Adanya Peningkatan Disiplin PNS Di Lamsel

LAMSEL, HR – Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Ir. Sutono,MM mengapresiasi adanya peningkatan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab. Hal tersebut diungkapnya saat apel mingguan di Lapangan Korpri Pemkab setempat, Senin (21/9). “Ini diharapkan produktifitas kerja dapat semakin meningkat, sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,”ungkap Sutono mewakili Penjabat Bupati Kherlani. 
Oleh karena itu, kata Sekda, tentunya para PNS dituntut untuk benar-benar memahami secara rinci tupoksinya masing-masing, agar apa yang dilakukan sesuai target yang diharapkan. Disisi lain, dewasa ini tuntutan kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan dirasakan sangat meningkat. Karena masyarakat saat ini tidak dapat lagi dipenuhi kebutuhannya atas dasar pelayanan standar semata, tetapi menuntut adanya kemudahan dan kualitas dari pelayanan tersebut.
“Tuntutan tersebut, tentunya harus disikapi dan diimbangi oleh PNS dengan memiliki kompetensi yang memadai, yakni pengetahuan, kemampuan atau keahlian untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,”sebutnya.
Dia melanjutkan, dapat dibayangkan seandainya PNS tidak memiliki kompetensi, maka akan berakibat atau berpengaruh terhadap pelayanan masyarakat, misalnya pelayanan menjadi lambat, bekerja asal-asalan, tidak maksimal, tidak efisien dan hasilnya tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan.“Dengan demikian, keberadaan PNS saat ini memiliki posisi yang sangat strategis, karena lancar tidaknya, baik atau buruknya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik sangat tergantung kepada kompetensi yang dimiliki dan dikuasai oleh PNS,”tandas Sutono.
Untuk itu, menurut Sekda, harus ditanamkan pola pikir PNS dari yang ingin dilayani menjadi pelayan (pamong). Dari pola budaya santai, malas-malasan dan tidak berdisiplin, menjadi pola budaya kerja keras, bersemangat, inovatif, kreatif dan berdisiplin. santi

Tinggalkan Balasan