30 Ribu Pohon Mangrove Siap Ditanam di Pesisir Pantai Utara

oleh -708 views

TANGERANG, HR – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang bersama Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (HIMAPUTRA) beserta siswa siswi SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang melakukan penanaman pohon mangrove secara simbolis di Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Selasa (24/4/ 2018).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang Herry Wibowo mengatakan, nantinya wilayah di sepanjang pesisir ini akan ditanami 30 ribu pohon mangrove. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan fasilitasi pembangunan kawasan Budidaya Tahun Anggaran 2018 melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang bidang pengelolaan dan pemberdayaan pembudidaya.

“Secepatnya kita akan tanam sebanyak 30 ribu pohon mangrove di sepanjang pesisir pantai pantura,” katanya.

Herry menambahkan, adapun kegunaan penanaman pohon mangrove ini yaitu disamping seagai habitat laut juga untuk panahanan abrasi pantai agar air laut tidak semakin meluas kedaratan.

“Semoga dari penanaman pohon magrove ini dapat berguna dan berkelanjutan. Dan berharap masyarakat bisa menjaga dan merawat pemeliharaan tanaman ini,” ujarnya.

Lanjut Harry, adapun jenis pohon yang ditanam ini yaitu, Alba, Apiculata, Stylulata, Chylindrata, dan nantinya untuk pemeliharaan akan dilakukan oleh relawan yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh siswa siswi SMA N 2 yang sudah ikut berpartisipasi dan ikut melestrikan tanaman ini.

”Nantinya, melalui relawan yang telah dilatih akan melakukan pemeliharaan terhadap pohon mangrove yang telah ditanam ini,” ucapnya.

Camat Mauk H. Heru Utari mengatakan, melalui kegiatan ini kami menyambut positif, diharapkan dengan tanam pohon mangrove ini dapat bermanfaat dan tumbuh dengan baik.dan semoga tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sehingga bisa menahan ombak air laut.

“Ayo semua masyarakat kecamatan mauk kita ikut tanam pohon mangrove dan bersama-sama menjaga kelestarian agar alam tetap terjaga dengan baik,” ungkap.

A Satibi (Abil) salah satu relawan Mangrove dari Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra)mengharapkan melalui penanaman pohon mangrove ini semoga dapat bermanfaat buat masyarakat dan bisa menjaga kelestarian wilayah laut khususnya di wilayah Kecamatan Mauk ini.

Loading...

“Semoga dengan adanya penanaman pohon mangrove ini bisa mengurangi abrasi ombak air laut,” pungkasnya. linda

Tinggalkan Balasan