1.500 Keluarga di Kecamatan Merbau Mataran Terima Bantuan Sembako dari Pemkab

1.500 Keluarga di Kecamatan Merbau Mataran Terima Bantuan Sembako dari Pemkab.

LAMSEL, HR – Sebanyak 1.500 kepala keluarga di Kecamatan Merbau Mataram menerima bantuan sembako berupa beras 5 Kilogram, gula 2 Kilogram, dan minyak goreng 1 Liter dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Pendistribusian paket sembako bagi masyarakat terdampak COVID-19 itu, secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan, Mulyadi Saleh kepada Camat Merbau Mataram Heri Purnomo di Aula Kantor Desa Merbau Mataram, Rabu pagi (1/07/2020).

Selanjutnya, dari kecamatan diserahkan kepada masing-masing kepala desa se-Kecamatan Merbau Mataram untuk dibagikan kepada warga kurang mampu yang telah didata sebelumnya.

Dalam pendistribusian sembako tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Mulyadi Saleh, juga turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Anasrullah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Yansen Mulia serta anggota Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Merbau Mataram.

Mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Mulyadi Saleh mengatakan, bantuan sembako yang bersumber dari dana APBD itu, untuk menanggulangi dampak sosial ekomoni yang diakibatkan pandemi Covid-19.

“Ini (sembako) merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan pak bupati H. Nanang Ermanto kepada masyarakatnya. Karena tidak semua daerah atau kabupaten menganggarkan bantuan seperti ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, sebagai bagian dari tim tanggap bencana sekaligus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, ia diberikan tugas untuk mengawal pendistribusian sembako tersebut hingga benar-benar sampai kepada masyarakat yang berhak menerima sesuai ketentuan.

“Jadi kami diberikan tugas untuk mengawal bantuan ini. Bukan tidak percaya dengan tim kecamatan dan desa. Tapi kami ingin melihat langsung bantuan ini benar-benar sampai ke masyarakat. Warga yang dapat bantuan harus bersyukur, karena masih banyak yang belum menerima,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan, Yansen Mulia, selaku leading sektor pendistribusian sembako tersebut menjelaskan, bersamaan dengan Kecamatan Merbau Mataram, Pemkab Lampung Selatan juga mendistribusikan ribuan paket sembako di Kecamatan Penengahan, Palas, dan Tanjung Sari.

Rinciannya, Kecamatan Penengahan terdiri dari 22 Desa 2.073 paket, Kecamatan Palas terdiri dari 21 desa 1.848 paket, dan Kecamatan Tanjung Sari terdiri dari 8 desa dan 800 paket sembako.

“Untuk Kecamatan Merbau Mataram terdiri dari 15 desa. Jumlahnya 1.500 paket. Masing-masing desa mendapat jatah 100 paket. Nanti setiap desa didampingi tim dari Dinas Perhubungan dan Dinas PPPA. Supaya bantuannya tepat sasaran,” kata Yansen.

Disisi lain, salah satu warga Desa Merbau Mataram yang menerima bantuan, Siti Khodijah (80) mengaku senang mendapat sembako tersebut.

Nenek yang kini tinggal bersama seorang anaknya itu, bekerja sebagai buruh tani di ladang milik orang lain.

“Alhamdulillah dapat bantuan. Belum pernah sekali menerima dari dulu. Suami sudah meninggal tujuh tahun lalu. Jadi sekarang ikut anak,” tutur Siti Khodijah.

Senada disampaikan Siti Khodijah. Warga Dusun Linggar Jati, Desa Merbau Mataram, Jamal (70) juga mengaku belum pernah menerima bantuan apapun sebelumnya.

Kakek yang kesehariannya juga bekerja sebagai buruh tani ini mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

“Ya senang. Karena musim korona ini kena dampak juga. Kalau ada kerjaan buruh tani ya ada penghasilan. Mudah-mudahan bisa dapat bantuan lagi,” ucapnya.

Loading...

Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan juga telah mendistribuskan bantuan sembako di Kecamatan Katibung sebanyak 1.172 paket. Lalu Kecamatan Way Panji sebanyak 388 paket, Kecamatan Ketapang sebanyak 1.687 paket dan Kecamatan Sidomulyo sebanyak 1.600 paket. santi

Tinggalkan Balasan