Yayasan Yadiba Rutin Biayai Pendidikan Anak Yatim

oleh -421 views
oleh
Yayasan Yadiba Rutin Biayai Pendidikan Anak Yatim.

MAJALENGKA, HR  – Yayasan Yatim Dhuafa Insan Barokah menggelar acara sosialisasi dan santunan rutin kepada puluhan anak yatim di Aula KUD Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Kegiatan Rival Arofiul mengatakan acara sosialisasi kegiatan dan santunan rutin anak yatim Yayasan Yatim Dhuafa Insan Barokah mengatakan penerima santunan sebanyak 55 anak yatim.

“Setiap bulan ada santunan terutama untuk biaya pendidikan mulai usia balita 100, SD, SMP dan SMA sederajat, mulai uang transport harian, biaya sekolah dan lainnya,”ungkap Rival seusai kegiatan, Sabtu (18/03/2023).

Sementara itu, Ketua Yayasan Yadiba Rudi Badrudin mengatakan yayasan mulai berdiri 12 November 2022 dan untuk kantor harian menempati ruko dekat Kantor Pegadaian Talaga dari sumbangsih seorang tokoh pengusaha Talaga.

“Berdiri 4 bulan lalu, berawal dari gerakan taawun di Desa Jatipamor dengan niatan menebar manfaat bagi masyarakat sekitar dan Alhamdulillah berkat semuanya gerakan ini semakin membesar. Kami diamanahi melanjutkan dibantu para sesepuh, pemuda, para tokoh dan para pengusaha dan pihak lainnya,” ungkap Rudi.

Bentuk perhatian kepada biaya pendidikan anak yatim-piatu menurutnya yaitu menyalurkan biaya pendidikan berupa uang transportasi, alat tulis dan membiayai anak yatim-piatu yang ingin ikut pondok pesantren dan lain-lain.

“Kami juga menyalurkan fasilitas kesehatan bagi anak yatim-piatu dengan kerjasama dengan klinik. Sekarang kami menambah jumlah penerima manfaat yang sekarang sudah dari 3 desa dan kami juga meningkatkan nilai manfaat dan meningkatkan jenis manfaat,” tuturnya.

Rudi mengatakan yang akan dilakukan ke depan di bidang pendidikan dan sosial, meningkatkan keterampilan anak yatim-piatu, workshop, magang, berwisata dan program pendidikan berbasis pesantren yang paling utama.

“Pelatihan entrepreneurship bagi anak-anak yatim kami juga akan fasilitasi dan bekerjasama dengan komunitas wirausaha, peternakan dan pertanian. Kami juga mempunyai unit usaha untuk membiayai operasional yayasan,” jelasnya.

Dewan Pembina Yayasan Yadiba H. Wawan Sukmana, BS mengatakan awalnya tertarik dengan gerakan taawun bagi yatim-piatu dan akhirnya membentuk Yayasan yang legal berbadan hukum Yayasan Yadiba.

“Alhamdulillah mudah-mudah dengan Sosialisasi ini mengetuk hati nurani para donatur dan kami merasa bertanggungjawab untuk membantu para anak yatim-piatu,” ungkapnya.

H.Wawan mengatakan selama 4 bulan ini telah memfasilitasi 55 orang anak yatim-piatu terutama biaya sekolah dan ke depan berharap anak yatim binaan tidak hanya di 3 Desa saja yaitu Desa Jatipamor , Talaga Wetan dan Talaga Kulon sekarang sebagian sudah masuk ke kecamatan Banjaran.

“Anak-anak yatim yang berprestasi, perlu dibantu dan selama ini belum tersentuh oleh pemerintah. Ini sejarah baru di wilayah Majalengka Selatan ada yayasan berbadan hukum yang fokus mengurusi pendidikan anak yatim-piatu,” tandasnya.

Camat Talaga Rd. Muhammad Shodiq diwakili Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Lela Nurlaela mengatakan sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan yayasan Yadiba dan menghimbau para stakeholders agar mendukung kegiatan tersebut.lintong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *