Warga dan Babinsa Koramil 1304-11/Kwandang Perbaiki Irigasi

oleh
62 views

GORONTALO, HR – Kapten Inf Ruasdianto Pombayle Danramil 1304-11/Kwandang menyatakan bahwa program pendampingan pertanian yang dilaksanakan oleh Kodim 1304/Gorontalo adalah dalam rangka menunjang terwujudnya ketahanan pangan nasional yang sudah menjadi instruksi langsung oleh Presiden maupun Panglima TNI.

Melalui upaya khusus (upsus) yang dilakukan jajaran Koramil Kodim 1304/Gorontalo melalui peran Babinsa dilapangan, seperti yang dilakukan oleh Pelda I Wayan Kertayasa yaitu harus mampu mengatasi segala kesulitan – kesulitan yang dihadapi petani dalam produksi pertaniannya, agar tujuan utama yaitu ketahan pangan segera dapat diwujudkan.

Pendampingan pertanian oleh Babinsa merupakan bagian dari ketahanan nasional yaitu dengan mewujudkan ketahanan pangan. Ketahanan pangan menjadikan perhatian yang khusus bagi Prajurit Teritorial TNI AD dalam tugas pokoknya dalam memberdayakan potensi pertahanan wilayah, melalui pendampingan pertanian yang juga mempedomani nota kesepahaman Kementerian Pertanian RI dengan TNI AD.

Namun dalam proses pendampingan pertanian, Babinsa sering menghadapi permasalahan – permasalahan yang harus bisa dipecahkan oleh Babinsa ketika dihadapkan di lapangan. Salah satu kendala utama dalam produksi pertanian adalah masalah irigasi. Maka pembangunan irigasi sangatlah penting bagi kelancaran dalam produksi pertanian.

Ada banyak sekali permasalahan yang timbul dalam usaha pembangunan fasilitas pertanian ini baik faktor alam maupun manusianya, seperti yang terjadi irigasi di Desa Iloheluma Kec Anggrek Kab Gorontalo, sudah sejak Desember 2017 irigasi ini macet akibat tersumbat material pasir, daun dan sampah.

Babinsa Ramil 1304-11/Kwandang Pelda I Wayan Kertayasa mendapat aduan dari beberapa Petani bahwa perlu adanya kerja bhakti untuk membersihkan saluran irigasi untuk mengairi sawah Desa Tolango dengan Desa Iloheluma.

Mendengar aduan tersebut, Pelda I Wayan Kertayasa berinisiatif segera mengadakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi, agar sawah bisa kembali dialiri air secara lancar. Babinsa Ramil 1304-11/Kwandang segera mengajak warga dan personil Koramil 1304-11/Kwandang untuk segera melaksanakan kerja bakti pembersihan irigasi. rian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *