Warga Brangkal Gelar Wayang

oleh -218 views
KLATEN, HR – Untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam dalam bahasa Jawa bulan Suro yang diperingati pada setiap tahun, segenap masyarakat Dukuh Seneng, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, mengapresiasi lewat gelar seni budaya pagelaran wayang kulit semalam suntuk.
Acara wayang
Acara dilaksanakan di bangsal makam dukuh setempat dan dihadiri tokoh masyarakat dan pejabat Muspika Kecamatan Karanganom. Wayang kulit ke-69 yang diadakan di lingkungan Desa Brangkal ini menghadirkan dalang kondang dari Juwiring Ki Bagong Darmono, yang tidak lain adalah adik dari Warseno Slank.
Pagelaran wayang semalam ini berkonsep keberkahan ataupun keselamatan dan mengambil lakon “Sudomolo“.
Hal itu diungkapkan oleh Camat Karanganom Samodro, Rabu (21/10) malam. ”Sesuai agenda tahun baru Islam bulan ini, masyarakat menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk untuk memperingati hari yang sangat istimewa bagi warga Muslim dan kegiatan tersebut hampir masyarakat di wilayah Karanganom, selalu diisi dengan pertunjukan seni wayang . Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga masyarakat sekitar serta sebagai wujud kepedulian masyarakat Karanganom terhadap kebudayaan Jawa, khususnya wayang kulit,” terangnya.
Lebih lanjut Samodro menjelaskan, kegiatan ini juga dihadiri tokoh masyarakat yang ada di wilayah tersebut serta warga perantauan yang ingin ngalap berkah.
“Dengan diadakan pagelaran ini kita harus bisa mempertahankan dan bukan hanya sekedar untuk pesta tetapi kita ambil hikmahnya supaya generasi penerus nanti mengerti dan sadar sehingga kedepan masyarakat kita wajib melesatrikanya,” tandasnya.
Secara simbolis Kepala Desa Brangkal Haryanto menyerahkan salah satu tokoh wayang kepada Ki Dalang Bagong Darmono sebagai pertanda dimulainya pagelaran wayang semalam suntuk. ani sumadi

Tinggalkan Balasan