Usep Wawan Dorong Diskominfo untuk Memasukan Wartawan dalam Program Jaring Sosial

oleh -42 views
Usep Wawan Dorong Diskominfo untuk Memasukan Wartawan dalam Program Jaring Sosial.

SUKABUMI, HR – Dengan kian merebaknya wabah coronavirus, berdampak besar terhadap berbagai sisi kehidupan manusia, termasuk pada Perusahaan Pers, berterkaitan dengan ketersediaan bahan baku dan keselamatan kerja Sumber Daya Manusianya, terkai hal ini, Dewan Pers mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada Kementerian Kominfo dan Perusahaan Pers serta lembaga terkait lainnya.

Diantara point yang tercantum dalam surat tersebut, salah satunya Dewan Pers meminta kepada pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk memasukan “wartawan” dalam kelompok orang yang harus mendapatkan fasilitas Jaringan Pengamanan Sosial.

Disamping itu, Dewan Pers juga mendorong pemerintah daerah melalui Diskominfo untuk berkontribusi terhadap keselamatan wartawan dengan menyediakan Alat Perlindungan Diri seperti Masker dan Hand Sanitizer bagi wartawan saat melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Hal ini menurut Dewan Pers harus dilakukan, karena awak media telah berkontribusi besar terhadap upaya pencegahan penyebaran Virus Corona lewat berbagai informasi yang ditulis dalam medianya.

Ditegaskan dalam point lainnya bahwa “Media akan terus berkontribusi dalam memerangi Covid-19 sampai Indonesia benar-benar terbebas dari Virus Corona”.

Selain Dewan Pers, PWI Jawa Barat pun telah pula mengeluarkan surat himbauan bagi wartawan agar memahami adanya perpanjangan masa pencegahan dan tetap waspada dalam menjalankan tugas dengan selalu menggunakan APD.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, dari Fraksi Gerindra, Usep Wawan menyatakan mendukung yang telah disampaikan Dewan Pers dalam suratnya.

Ia mendorong Pemkab.Sukabumi melalui Diskominfosan Sukabumi untuk menindaklanjuti hal tersebut dengan memasukan wartawan dalam kelompok orang yang mendapat fasilitas program jaring pengamanan sosial yang digulirkan pemerintah.

“Wartawan adalah orang – orang yang memberikan kontribusi besar dalam upaya pencegahan Covid-19, termasuk menginformasikan perkembangan penanganannya,” ucap Usep Wawan, Senin (06/04/20) via telepon selularnya.

Menurut Politisi Gerindra ini, wartawan memiliki resiko tinggi terpapar corona, karena saat melaksanakan tugasnya wartawan harus banyak berhubungan dengan banyak orang baik narasumber maupun lokasi endemik, sehingga lanjutnya, menjadi sesuatu hal yang wajar bila Diskominfo khususnya memberikan reward.

Loading...

Usep berpesan, agar wartawan tetap menjaga keselamatan diri dalam bertugas dengan selalu menggunkan Alat Pelindung Diri, “Ya minimal pakai masker lah, atau bila perlu kenakan juga sarung tangan,” pungkasnya. ida

Tinggalkan Balasan