Ubung Kaja Kini Menjadi Desa Mandiri

oleh -239 views
DENPASAR, HR – Tingginya perhatian masyarakat Desa Ubung Kaja terhadadap prilaku hidup bersih dan sehat terbukti dengan adanya Relawan Peduli Kebersihan Desa yang berdiri pada bulan September 2014. Relawan ini berganggotakan 20 orang yang bertugas untuk memantau kebersihan Desa, memberikan pembinaan, menindak orang yang membuang sampah sembarangan serta mengadakan bersih-bersih sebulan sekali.
Kegiatan ini didukung pula oleh peranan para Kelihan banjar dalam mengawasi lingkungan dan sanksi Rp300.000 untuk menindak oknum pencemar lingkungan untuk menindak oknum pencemar lingkungan yg dituangkan dalam pararem atau awig-awig banjar.
Hal ini akan mendorong percepatan pembangunan Desa Adat dan Dinas menuju Desa Mandiri terbukti dari penanganan sampah secara swakelola oleh banjar-banjar dan mempercantik wajah Desa melalui penghijauan dan pertamanan swadaya Desa. Jam oprasi Relawan Peduli Kebersihan Desa ini mulai dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang di jalur Kerta Negara.
Pemungutan sampah diadakan tiga kali seminggu yaitu hari senin, rabu, jumat dengan cara mengambil sampah kerumah-rumah warga. Dengan adanya relawan kebersihan ini memberikan manfaat kepada masyarakat, “semenjak adanya relawan kebersihan jadi semakin memudahkan warga dalam pembuangan sampah” kata Kadek salah satu warga Desa Ubung Kaja. ans

Tinggalkan Balasan