Trotoar di Jakarta Jadi Surga PKL dan Parkir

oleh -213 views
JAKARTA, HR – Kota Surabaya layak dijadikan daerah study banding bagi Pemprov DKI Jakarta. Selaku Ibukota Negara, Provinsi yang dipimpin Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai gagal membangun trotoar yang layak bagi pejalan kaki.
Tri Rismaharini dan Ahok
Tidak ingin kalah dari Kota Surabaya yang dipimpin Tri Rismaharini, Tahun anggaran 2016 ini Pemprov DKI telah menginstruksi Dinas Bina Marga untuk menjadikan peningkatan/pembangunan trotoar menjadi program andalannya.
Namun, apa daya bila program andalan itu tidak didukung oleh SKPD yang mumpuni. Di DKI Jakarta, walaupun Ahok memberi ‘lampu hijau’ TKD melimpah ruah, tetap saja kualitas SDM di SKPD tertentu tidak mumpuni.
Sebagai contoh, trotoar di DKI Jakarta banyak dijadikan tempat pedagang kaki lima (PKL) dan parkir kendaraan bermotor. Untuk membersihkan PKL dan kendaraan bermotor saja, SKPD terkait seperti Satpol PP, UPT Parkir dan Dishub, tidak bernyali. Akhirnya, niat mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat pejalan kaki hanya mimpi.
Berbeda halnya dengan karya nyata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Keberadaan trotoar di Surabaya justru bebas dari PKL dan parkir liar kendaraan bermotor. Trotoar di Surabaya murni khusus pejalan kaki.
Walaupun TKD Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya tidak melimpah ruah seperti ASN Pemprov DKI Jakarta, namun kebersamaan, rasa memiliki dan mencintai Kota Surabaya, sangat melekat erat di sanubari ASN-nya. Mereka pun mampu bekerja dengan gembira dan tanpa ada tekanan dari Kepala Daerahnya.
Pendekatan Tri Rismaharini untuk membangun daerah yang dipimpinnya memang sangat bertolak belakang. Tri menerapkan metode pendekatan yang lemah lembut, sedangkan Ahok cenderung dengan makian.
Dari dua karakter yang berbeda itu, Tri Rismaharini berhasil memenangkan hati public Surabaya, yakni salah satu keberhasilannya mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat pejalan kaki. Semoga Gubernur DKI Jakarta dapat belajar kepada Tri Rismaharini untuk membangun Kota Jakarta. kornel


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan