Tipikor Vonis 10 Tahun Sutan Bathoegana

oleh -262 views
Sutan Bathoegana

JAKARTA, HR – Majelis hakim yang diketuai oleh Artha Theresia Silalahi memutuskan vonis pidana kurungan penjara selama 10 tahun dan pidana denda Rp 500 juta subsidier 1 tahun kepada Sutan Bathoegana, terdakwa kasus suap Anggaran pendapatan dan Belanja Negara Perubaha (APBNP) tahun 2013 di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (19/8/2015).
Sutan terbukti menerima uang sebesar US$140 ribu dari mantan Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyo terkait pembahasan APBN-P Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2013 di Komisi VII DPR.
Selain itu Sutan juga terbukti telah menerima sejumlah pemberian, antara lain menerima uang US$200 ribu dari Rudi Rubiandini. Sutan terbukti pula mendapatkan tanah rumah sebagai posko pemenangan dari pengusaha Saleh Abdul Malik.
Perbuatan Sutan tersebut memenuhi unsur dalam Pasal 12 huruf a Undang-undang Undang-undang Nomor 20 tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, perbuatan Sutan tersebut memenuhi unsur dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 65 ayat 1 KUHPidana.
Dalam putusannya, beberapa poin yang memberatkan Sutan dalam dakwaan yang ditujukan kepadanya, antara lain sikapnya bertolak belakang dengan program pemerintah terkait pemberantasan korupsi, tidak mencerminkan sikap anggota dewan yang terhormat, serta dianggap tidak kooperatif berbelit dalam proses penyidikan. Sementara poin yang meringankan dakwaan adalah memiliki tanggunggan keluarga. ■ jt

Tinggalkan Balasan