Tingkatkan Pemahaman Berwirausaha Bagi Siswa

oleh -182 views
BADUNG, HR – Guna mendorong tumbuhnya kepekaan para pemuda dan generasi muda untuk meningkatkan prestasi dan peran aktif dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pemerintah Kabupaten Badung melalui dinas pendidikan pemuda dan olahraga menyelenggarakan pelatihan kader pemuda pelopor, kewirausahaan, kepemimpinan dan pembangunan bagi siswa tingkat SMA/SMK, Selasa (25/8).
Pelatihan dibuka Kepala Disdikpora Kabupaten Badung yang dalam kesempatan tersebut diwakili Sekertaris Disdikpora Kabupaten Badung I Made Wenten. Pelatihan dibuka dengan penyematan tanda peserta dan pemukulan gong.
Kepala Disdikpora Kabupaten Badung dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Disdikpora I Made Wenten menyampaikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia telah mencatat peran penting pemuda yang dimulai dari pergerakan budi utomo tahun 1908, sumpah pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda, pelajar dan mahasiswa tahun 1966, sampai dengan pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang telah membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi.
Hal ini membuktikan bahwa pemuda mampu berperan aktif dalam proses perjuangan, pembaharuan dan pembangunan bangsa. Dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial dan agen pembaharuan sebagai wujud dari fungsi, peran, karakteristik dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional.
Disampaikan, kebijakan pelayanan kepemudaan juga diarahkan untuk menumbuhkan patriotism, dinamika, budaya, prestasi dan semangat profesionalisme dalam rangka mencapai pemuda yang maju yaitu pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.
Diharapkan dengan kegiatan ini para peserta pelatihan dapat mengikuti dengan baik, tekun, dan bersungguh-sungguh agar nantinya mampu menjadi pemuda yang maju, berdaya saing, berprestasi dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dan mampu menghadapi tantangan global dalam upaya sistematis yang dilakukan untuk menumbuh kembangkan potensi manajerial, kewirausahaan dan kepeloporan pemuda.
Diharapkan peserta pelatihan dapat memberikan contoh terdepan baik di lingkungan sekolah sendiri maupun lingkungan masyarakat. Selanjutnya apa yang telah didapat dalam pelatihan ini segera diinformasikan dan direalisasikan kepada teman-teman dan adik-adik siswa disekolah masing-masing.
Sementara itu Ketua Panitia I Nyoman Punia melaporkan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan peran serta pemuda terdidik dalam pengembangan karir sebagai wira usaha dan pemimpin masa depan, mengurangi kendala-kendala yang selama ini menghambat pertumbuhan dan perkembangan wira usaha muda dan dapat meningkatkan pemahaman mengenai berwira usaha dikalangan pemuda sebagai bekal untuk masa depan.
Pelatihan di ikuti 50 orang peserta yang berasal dari SMA/SMK se Kabupaten Badung. Pelatihan berlangsung selama 4 hari dari 25-28 Agustus 2015 dan pelatihan dipusatkan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kerobokan Kuta Utara. ■ anas

Tinggalkan Balasan