Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat di SMAN 2 Semarapura

oleh -192 views
BALI, HR – Acara penilaian lomba dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarapura, Rabu (26/10). Kedatangan tim rombongan penilai dipimpin I Gusti Agung Ayu Mertha Dhyani Dewi, disambut barisan Paskibra SMA Negeri 2 Semarapura serta tokoh Sendratari Hanuman bertempat di SMA 2 Semarapura, Rabu (26/10).
SMA Negeri 2 Semarapura
Rombongan diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Dinas Kesehatan Ni Made Adi Swapatni, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga I Nyoman Mudarta, Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, FKPD Kabupaten Klungkung serta undangan lainnya.
Kepala SMA 2 Semarapura, I Gusti Made Lanang Fuji mengatakan, UKS bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat. Keberadaan UKS pada SMA Negeri 2 Semarapura dapat mengubah perilaku peserta didik sehingga memiliki budaya hidup bersih dan sehat, serta mampu menanamkan perilaku tersebut dirumah maupun maupun masyarakat sekitar.
Dengan visi UKS SMA Negeri 2 Semarapura yakni mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas dan mandiri. SMA Negeri 2 Semarapura secara berkesinambungan mewujudkan cita-cita UKS melalui Trias UKS yakni, Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan pembinaan kehidupan sekolah sehat.
SMA Negeri 2 Semarapura dengan komite sekolah selalu berusaha keras dengan program sekolah yang menitikberatkan pada pengembangan dan pola hidup sehat, jasmani dan rohani sehingga memungkinkan adanya pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis secara optimal guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.
Upaya-upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 2 antara lain, Dibidang Akademik membentuk kelompok Siswa Pecinta Mata Pelajaran (KSP), mengintegrasikan pembelajaran lingkungan hidup kesemua mata pelajaran dengan memanfaatkan semua potensi Sekolah yang ada, antara lain Tanaman Obat Keluarga (TOGA), kebun Produktif, dll, optimalisasi kerja dan peningkatan Kader Kesehatan Remaja (KKR) yang dilaksanakan dalam mensukseskan 8 Program UKS yakni Pembebasan dari Kenakalan Remaja, bahaya merokok, narkoba, HIV AIDS, Kehamilan Pranikah, Kecacingan dan Hepatitis B.
Menurut Wakil Gubernur I Ketut Sudikerta dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bagian Kesejahteraan Biro Kesra Setda Provinsi Bali Dra. I Gusti Agung Ayu Mertha Dhyani Dewi, M.Si anak didik merupakan bagian terpenting dari sekolah yang dijadikan sasaran strategis program kesehatan karena mereka mudah dijangkau dan terorganisir dengan baik. Memiliki sifat keingintahuan yang tinggi dan mempunyai rasa ingin mencoba-coba membuat mereka mudah dimotivasi dan cepat menerima serta dapat mengadopsi pesan-pesan kesehatan.
Melalui pelaksanaan kegiatan lomba Sekolah Sehat diharapkan banyak muncul terobosan yang kreatif dan inovatif dalam rangkamenggali serta memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal di sekolah sebagai bagian dari sarana pembinaan, pengembangan, dan evaluasi pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), untuk mewujudkan visi dan misi UKS yakni meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas peserta didik.
Bupati Suwirta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kebersihan jika dihubungkan dengan konsep Tri Hita Karana, dimana pada Palemahan, tampilan sekolah mencerminkan orang-orang yang melakukan aktivitas didalamnya. Pada Pawongan agar para guru menjalankan fungsi sebagai pendidik yang baik. Harapan Bupati Suwirta agar KSP yang ada dapat dibina dengan baik. Dari segi Parahyangan diharapkan agar dapat menjadi manusia yang baik dan bersih. ans


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan