Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Dengan PHBS dan Cuci Tangan

oleh -169 views
Cegah Virus Corona, Bupati Sukabumi "Jaga Wudhu".

SUKABUMI, HR – Beredarnya isu yang berkembang di masyarakat terkait wabah virus corona, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Kesehatan gencar melakukan sosialisasi tentang apa dan bagaimana hingga langkah – langkah yang perlu dilakukan masyarakat sebagai upaya pencegahan agar tidak terpapar Virus Corona (2019-nCOV) yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya.

Menurut Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) pada Dinas Kesehatan, Cucu Sumintardi, jauh sebelum issue masuknya virus ini ke wilayah Indonesia, pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan berbagai media, baik media massa, radio maupun melalui petugas di Puskesmas. “Yang dikhawatirkan adalah pola penularan dan penyebarannya yang luar biasa, dalam kurun waktu beberapa bulan saja sejak pertama kali ditemukan di Wuhan China, virus ini sudah menyebar ke berbagai negara dan telah memakan ribuan korban,” ucapnya, Kamis (05/03/20).

Karena belum ditemukan obatnya, lanjut dia, maka yang perlu dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya pencegahannya adalah dengan mejalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) antara lain meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta rutin berolahraga. “Makanan yang akan disantap harus di masak sampai matang”.  Pakailah masker, karena penularannya melalui percikan, “Biasanya jarak penularannya 2 (dua) meter,” katanya.

Loading...

Jangan lupa biasakan mencuci tangan dengan sabun dan mengeringkannya dengan kain kering yang bersih, “Bagi ummat Islam dengan berwudlu secara tidak langsung sudah mencuci tangan,” tambahnya. Ditegaskan bahwa Kesehatan berawal dari perilaku diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat. pungkasnya. ida

Tinggalkan Balasan