SMPN 1 Sindang Potong Hewan Kurban

oleh -160 views
INDRAMAYU, HR – Guna memberikan pembelajaran kepada peserta didik tentang makna berkurban yang diajakarkan agama Islam kepada umatnya, SMPN1 Sindang melaksanakan pemotongan 1 ekor sapi untuk kurban, Jumat (25/9).
Kepala SMPN 1 Sindang H. Suwardi M.Pd melalui Wakil Kepala Sekolah H. Abdullah Hasyim S.Pd, mengatakan, kegiatan memotong hewan kurban ini merupakan titik awal pembelajaran terhadap anak-anak agar mau berkorban serta peduli dengan sesama yang kurang mampu.
Selain itu juga sebagai salah satu pembelajaran terhadap anak didik tentang proses kurban, dari mulai penyembelihan yang sesuai dengan ajaran Islam dan juga pendistribusian daging hewan kurban.
“Pemotongan hewan kurban di sekolah ini kami lakukan secara rutin, setiap tahunnya. Tujuan kami untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana proses penyembelihan yang dibenarkan dalam ajaran Islam, selain itu juga untuk menanamkan rasa solideritas kepada sesama,” katanya.
Hewan yang dikurbankan kemudian diberikan kepada beberapa siswa yang kurang mampu juga kepada masyarakat di sekitar sekolah. “Saya harap sikap-sikap ikhlas seperti ini bukan hanya terjadi pada saat Idul Adha saja, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari siswa SMPN 1 Sindang,” ujar H. Abdullah.
Dengan kegiatan berkurban ini para siswa diharapkan bisa peduli terhadap sesama, karena daging hewan qurban tersebut dibagikan kepada mereka yang memang lebih membutuhkan. 
“Mudah-mudahan para siswa dapat memetik hikmah dan pelajaran dari sejarah ibadah kurban itu sendiri serta mampu menanamkan rasa solider serta tidak memiliki rasa kikir sehingga para siswa akan mau berbagi kepada sesama ,” tandasnya. isk

Tinggalkan Balasan