Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan TP PKK

oleh -439 views

MAMUJU, HR – Ijin melaporkan pada tanggal 19 Maret 2019, Pukul 10.40 wita berlangsung acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM Dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan TP PKK bertempat di Ballroom hotel Maleo Jalan Yos Sudarso, kel. Binanga, kec. Mamuju, kab. Mamuju, prov. Sulbar yang dihadiri 660 orang.

Hadir di antaranya sebagai berikut :
1. Ibu Mufidah Jusuf Kalla (Ketua Umum DEKRANAS)
2. Ibu Erni Tjahjo Kumolo (Ibu menteri dalam Negeri)
3. Ibu Andi Ruskati Ali Baal (Ketua Daerah Dekranas Sulbar)
4. Ibu Bintang Puspayoga ( Ibu Menteri Koperasi dan Usaha Menengah)
5. Ibu Triana Rudiantara (Ibu Menteri Kominfo)
6. Ali Baal Masdar (Gubernur Prov. Sulbar)
7. Mayjen TNI Surawahadi,S.Ip.M.Si (Pangdam XIV/HSN)
8. Brigjen Pol Drs Baharuddin Djafar MS. i (Kapolda Sulbar)
9. Enny Anggraeny Anwar (Wakil Gubernur Prov. Sulbar)
10. kolonel Sus Rudianto (Perwakilan Kemenhan RI)
11. Amalia Fitri Aras ( Ketua DPRD Provinsi Sulbar)
12. Dr Muhammad Idris DP (Sekda Provinsi Sulbar)
13. Drs. Susetyo Karyadi (Kabinda Sulbar)
14. Ibu Hj. Endang Surawahadi (Ibu Pangdam XIV/Hsn)
15. Para OPD Provinsi Sulbar
16. Para Bupati Se Sulbar
17. Para Tamu Undangan

B. Rangkaian kegiatan dan Sambutan dalam acara sebagai berikut :
a. Menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya di lanjutkan hipne Dekranas.

b. Penampilan tari sayo dari daerah kalumpang

c. Sambutan Bapak Ali Baal Masdar (Gubernur Prov. Sulbar) yang pada intinya sebagai berikut :

1) Atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Barat atas kedatangan ibu di sulawesi barat dalam kegiatan membangun daerah melalui ekonomi.

2) Upaya pengembangan UKM di sulawesi barat perlu peran seluruh masyarakat termasuk kridanasda untuk mengurangi pengangguran.

3) Di Sulawesi Barat banyak kerajinan seperti tenun dan pengembangan usaha produk lokal dan kita sudah mengembangkan sendiri di pakai petenun kita maka kranasda perlu membatu pengerajin di sulawesi barat.

4) Kita sudah bekerja sama dengan. Buka lapak untuk membantu dalam pemasaran.

5) Kami mohon kepada ketua umum dekranas pusat untuk membantu.

d. Sambutan Ibu Andi Ruskati Ali Baal (Ketua Daerah Dekranas Sulbar) yang pada intinya sebagai berikut :

1) Saya mengucapkan terima kasi atas memilih provinsi sulwesi barat dalam melaksanakan krinasda dan selamat datang kepada ketua umum di sulawesi barat.

2) Tantangan Dekranasda kedepan sangat berat dan kami minta bantuan ibu ketua dan buat pengerajin pengerajin di daerah lebih rajin lagi.

3) Dekranasda harus ada kerjasama dengan dinas dinas terkait dan dekranasda harus meningkatan kerajinan dan pengerajin agar bisa menghasilkan kulitas kerajinan sehingga bisa bersaing dengan daerah lain.

4) Kedepannya kita bisa bersaing dengan negara negara luar dalam pengembangan Kerajinan.

e. Laporan Ibu Bintang Puspayoga ( Ibu Menteri Koperasi dan Usaha Menengah) yang pada intinya sebagai berikut :

1) Kegiatan kementerian dengan dekranas dan UKM di bidang mikromenengah, ini merupaka kegiatan sosialisasi dalam melakukan kegiatan antara lain.
a) temu mitra KUKM produk unggulan daerah.
b) Konsultasi dan pemberian sertifikat hak cipta produk KUMKM
c) sosialisasi dan bimbingan teknis dana bergulir LPDB – KUMKM
d) penyuluhan perkoperasian kepada kelompok usaha bersama pra koperasi
e) pelatihan vocational
f) pelatihan perkoperasian
g) pelatihan kewirahusaan

2) Pada saat pelatihan ini kita juga mengikutkan tetangga kita di sebelah seperti donggala, sigi dan palu.

3) Kita juga memberikan bantuan bagi Saudara saudara kita dari donggala, sigi dan palu.

4) Ada pun yang ikut dalam pelatihan yaitu 444 orang dan kegiatan ini sudah berlangsung dari kemarin tanggal 18 sampai 19 maret 2019.

5) Mudah mudahan UKM bisa berkembang dalam kerajinan, dan memohon agar ibu ketua umum bisa membuka kegiatan ini.

f. Pukul 11.23 wita penyerahan bantuan kepada pengerajin kepada masyarakat dan penyematan tanda pelatihan di lakukan oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla (Ketua Umum DEKRANAS).

g. Sambutan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (Ketua Umum DEKRANAS) yang pada intinya sebagai berikut :

1) Untuk mengembangkan produk-produk kerajinan berbasis sumber daya alam tradisi dan warisan budaya Indonesia yang sama-sama kita banggakan Pada kesempatan ini yang baik dan yang baik pula Saya sampaikan terima kasih atas kehadiran para peserta program Sinergi ini rasa bahagia kepada bapak-bapak dan ibu-ibu para pejuang dan kegiatan ekonomi rakyat dari sektor UKM di Provinsi Sulawesi Barat.

2) Sebagaimana diketahui bahwa industri kerajinan telah berkembang dengan di seluruh pelosok nusantara bahan baku lokal banyak tersedia seperti serat alam untuk anyaman tanah liat untuk keramik kayu batuan logam dan lain-lain hari ini tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro mikro kecil sampai skala Menengah Atas dan berbagai kendala masih dihadapi terutama dalam hal permodalan pemasaran teknik produksi dan lain-lainnya sementara itu Persaingan di pasar global semakin ketat oleh karena itu diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat lagi supaya dapat kita bersaing salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemajuan atau kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasaran Oleh karena itu saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan Sinergi ini dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM perajin agar lebih berdaya saing.

3) Dewan kerajinan nasional atau dekranas sebagai Mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dan kegiatan dalam membina dan mengembangkan UKM kerajinan seluruh di seluruh wilayah nusantara dalam hal ini Tentunya dekranas selalu bersinergi dengan Kementerian terdekat dan dekranasda dalam melaksanakan kegiatan kegiatan pembinaan dan pengembangan UKM dan kerajinan Oleh karena itu perlunya pembinaan dan pengembangan UMKM di Sulawesi Barat ini mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan di Sulawesi Barat seperti tenun kerajinan kayu dan lain-lain yang utama yang sudah terkenal itu seperti sarung sarung Mandar itu di seluruh Indonesia sudah dikenal apalagi di Sumatera Barat itu dipakai untuk bukan untuk sarung saja tetapi untuk di lilitkan di leher dan kalau ada Kerajinan atau ada pesta-pesta dipakai itu Kehormatan di kepala dan di leher.

4) Mengharapkan agar dekranasda Provinsi Sulawesi Barat Dalam rangka mengetahui potensi produk kerajinan yang dapat dikembangkan kemudian dilanjutkan dengan motivasi pada produk-produk kerajinan yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi.

Loading...

5) Kami sangat berharap agar Dekranasda agar bisa mengembangkan kerajinan dan bekerja sama Dengan instansi terkait agar membantu masyarakat , dan pada hari ini saya nyatakan pelatihan di buka dengan resmi. tia

Tinggalkan Balasan