Sidang Istimewa Laporan Tahunan Pengadilan Negeri Majalengka Tahun 2020

MAJALENGKA, HR – Sebagi bentuk pertanggungjawaban kinerja Pengadilan Negeri Kab.Majalengka kepada Publik sepanjang tahun 2020, Pengadilan Negeri Majalengka Kelas II gelar sidang Istimewa Laporan Tahunan 2020, sidang istimewa tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Hakim PN Majalengka Selaku Ketua Pengadilan Negeri Majalengka, Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka, bertempat di ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Majalengka, Jum’at (22/01/2021)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kab.Majalengka, Wakil Bupati, Sekda, Unsur Forkopimda, Kajari, Kepala Pengadilan Agama Majalengka, Asda 2, Ketua MUI Kab.Majalengka, Kepala Dinas Kominfo Kab.Majalengka, Kepala UPT Labkesda, para Pejabat beserta seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Majalengka.

Dalam laporannya, Kepala Pengadilan Negeri Kab.Majalengka, Eti Koerniati, S.H., M.H., menyampaikan bahwa Laporan Tahunan Pengadilan Negeri Tahun 2020 diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap Publik atas kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman dalam menerima, memeriksa dan mengadili perkara pada peradilan tingkat pertama.

“Melalui kegiatan ini kami ingin memulai tradisi baru dilingkungan PN Majalengka untuk secara berkala dan terbuka menyampaikan laporan kepada Publik tentang kegiatan, sasaran dan capaian kinerja melalui penyajian informasi,” ucap Ketua PN Majalengka.

Lebih lanjut, Ketua PN Majalengka mengatakan, ditengah mewabahnya Virus Covid-19 khususnya di Kab.Majalengka, PN Majalengka telah melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan publik secara elektronik, sesuai dengan tema penyampaian Laporan Tahun 2020 mengangkat tema “Pelayanan Publik Secara Elektronik dalam Pelaksanaan Tugas Peradilan Modern”.

Sidang istimewa laporan tahunan Pengadilan Negeri Majalengka tahun 2020.

Pelayanan secara elektronik ini merupakan upaya PN Majalengka dalam mencapai tujuan hukum guna menegakkan hukum bagi masyarakat pencari keadilan ditengah wabah Covid-19 dengan tidak harus bertemu fisik namun sidang dilakukan secara virtual, penyelenggaraan sidang secara Virtual tersebut telah dimulai pada bulan April 2020 hal tersebut guna mendukung Pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Ketua PN Majalengka menambahkan, sepanjang tahun 2020 PN Majalengka telah menyelesaikan perkara diantaranya sebagai berikut, Perkara Pidana sejumlah 230 Perkara (Perkara Pidana biasa dan pidana khusus), didominasi Perkara biasa pencurian dan pidana melanggar UU kesehatan, kemudian perkara Perdata sejumlah 74 perkara terdiri dari 19 perkara gugatan, 10 Perkara gugatan sederhana dan 45 perkara permohonan, didominasi Perkara permohonan ganti nama.

“Alhamdulillah seluruh perkara Pidana pada tahun 2020 telah diselesaikan dengan baik oleh para Hakim dibantu para Panitera pengganti, par jurusita, dan seluruh ASN PN Majalengka, saya berharap kepada seluruh unsur baik itu Pemerintah Kab.Majalengka, TNI-POLRI dan segenap unsur lainnya untuk dapat terus mendukung PN Majalengka agar terus dapat memberikan pelayanan hukum yang maksimal demi terciptanya peradilan modern yang berbasis pelayanan secara elektronik,” pungkas Ketua PN Majalengka.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., menyambut baik atas terselenggaranya Laporan Tahunan Pengadilan Negeri Majalengka Tahun 2020, sehingga Visi PN Majalengka yaitu ” Terwujudnya Pengadilan Negeri Majalengka yang Agung” dapat tercapai.

Loading...

Pemkab Majalengka pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh PN Majalengka dengan menciptakan pelayanan publik secara elektronik dalam pelaksanaan tugas peradilan modern, dengan memanfaatkan teknologi secara elektronik sehingga diharapkan kualitas, kredibilitas dan transparansi di PN Majalengka lebih optimal.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, dengan inovasi yang telah dilakukan PN Majalengka yakni memberikan pelayanan pengadilan secara elektronik kepada masyarakat, hal tersebut tentunya bagian dari upaya memutus penyebaran virus Covid-19 dengan mengurangi kerumunan masyarakat, tentunya terobosan ini sangat bagus karena pelayanan dapat lebih efisien dan transparan, sehingga dengan adanya inovasi tersebut dapat terwujudnya sasaran Pengadilan Negeri Majalengka yang adil, transparan dan akuntabel ditengah wabah Covid-19.

“Dengan adanya penyampaian Laporan Tahunan Pengadilan Negeri Majalengka tahun 2020 ini, kiranya Pemkab Majalengka dan PN Majalengka dapat terus bersinergi dan berkolaborasi sehingga dapat membantu mewujudkan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat Majalengka sesuai dengan semangat visi Majalengka Raharja,” pungkas Bupati. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan