SDN Meruya Selatan 01 Jakbar Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota

oleh -172 views

JAKARTA, HR – Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian, perlindungan dan upaya untuk mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Sejak berdiri sekolah ini telah mencanangkan hal tersebut sebagai salah satu pembentukan karakter peserta didik akan kepeduliannya dengan lingkungan sekolah.

Terbukti SDN Meruya Selatan 01 jakbar di Jl. H Juhri, Meruya Selatan Kembangan Jakarta Barat menjadi salah satu sekolah yang terpiih untuk dilakukan penilaian sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Kota tahun 2019.

Dra Hj Dahlia selaku Kepala Sekolah mengatakan kepada HR bahwa,SDN Meruya Selatan 01 dengan tenaga pengajar dan karyawan sebanyak 34 orang ini berdiri di atas tanah yang luasnya sekitar 3.075 m2 dan luas bangunan 1.350 m.

Lahan kosong disekitar sekolah ini terdapat berbagai macam tanaman diantaranya pohon pelindung, tanaman hias, toga (Tanaman obat keluarga), sayuran dan pembibitan, tanaman buah, juga terdapat budi daya ikan lele dan nila (airnya dari bekas wudhu), bank sampah “Asri“, kantin dan lain sebagainya.

Di setiap sudut sekolah dihiasi taman bunga sehingga menambah kesejukan dan keasrian lingkungan sekolah. Belajar pun terasa nyaman, udara segar dan sejauh mata memandang hamparan hijau dedaunan nampak disetiap langkah menuju sekolah.

Kondisi lingkungan seperti ini diharapkan akan mampu menjadi motivasi kepada semua civitas akademik agar selalu bersemangat dalam semua aktivitasnya.

Dengan demikian untuk mewujudkan sekolah adiwiyata memerlukan proses panjang karena melibatkan seluruh civitas akademik sekolah, artinya perwujudan sekolah adiwiyata ini tidak bisa dengan dadakan atau langkah seketika akan terwujud.

Usaha itu terbukti dengan memiliki predikat Sekolah Sehat dan saat ini sudah menuju tingkat Provinsi DKI Jakarta dan juara I lomba penulisan best practise di LPMP provinsi DKI Jakarta. jm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *