Reuni Purn TNI AD Angkatan 1979 Dik Pasir Panjang Dilaksakan Meriah Guyup Dan Rukun

oleh -161 views
Reuni Purn TNI AD Angkatan 1979 Dik Pasir Panjang Dilaksakan Meriah Guyup Dan Rukun.

SINTANG, HR – Dengan reuni ini mari kita sama-sama mengenang masa lalu menjadi Prajurit TNI-AD, pahit dirasakan indah untuk dikenang, tetap jaga silaturahim untuk mempererat persatuan dan kesatuan.

Reuni Angkatan 1979 dilaksanakan di Kota Sintang Kalimantan Barat, dihadiri 70 orang terdiri dari para Purna dan mantan Ibu Persit serta anak. Datang dari Ketapang, Pontianak, Mempawah, Ngabang, Singkawang, Bengkayang, Sambas, Sanggau (Balai Karangan) Sekadau (Nanga Taman), Melawi, Sintang, Putusibau (Semitau, Tekalong), Minggu (22/05/2022).

Ketua panitia penyelenggara reuni Pelda Purn T. Marsoit,S.Pd.,M.Pd.K mantan dosen STKIP PK Sintang dalam sambutannya mengatakan, Selamat datang rekan-rekan purn TNI di kota Sintang tempat kita didewasakan di Batalion infanteri 642/Kapus. Kurang lebih 43 tahun yang lalu.

Kita berpisah karena tugas, kita berpencar demi bangsa dan negara tercinta. Sekarang kita dapat bertemu kembali pada saat umur sudah diatas 60 tahun.

Sahabatku kita tetap Guyup dan Rukun kini dan nanti, kita telah melaksanakan tugas pada operasi Saber (Sapu Bersih) satu dan dua penumpasan PGRS PRAKU diperbatasan Kalimantan Barat, juga kita sudah bertugas di Timor Timur walau sudah lepas dari kandungan Ibu Pertiwi, kita sudah melaksanakan tugas di Papua dalam rangka pemulihan keaman, serta kita telah bertugas di Provinsi Aceh dalam rangka penyadaran Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan tugas-tugas territoial lainnya.

Oleh karena itu kita boleh bangga jadi anak bangsa dan kita tetap mengabdi sampai titik darah penghabisan (tentunya bidang lain). Old Soldier never die but They just fast away.

Penasehat Forum Komunikasi Angkatan 1979 Kapten Purn M. Sianipar,SH.,MH juga dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Singkawang mengatakan, Selamat berjumpa Kawan-kawan, kita sudah 43 tahun berpisah karena tugas, maka pada kesempatan ini kita dapat melepaskan rindu satu sama lain dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan kepada semua pihak.

Pada kondisi saat ini umur kita sudah lanjut, jangan berpikir berat-berat, disukuri apa yang ada, jaga kesehatan, banyak minum air putih hangat dan olah raga sesuai umur, banyak berdoa bersedia gurau.

Kepada cucu kita anak kita dikasi tau supaya cucu kita tidak boleh sering menonton di layar Hp, lebih baik nonton TV, karena bisa terkena radiasi, bisa merusak otak dan menjadi masa bodoh dan idiot setelah dewasa, mereka adalah aset bangsa di masa depan maka kita harus perduli.

Ketua Rayon 1 Peltu Purn Achmad Lahabi mengatakan, dari pendidikan sampai masuk ke Batalion 642/K dididik dan dilatih sangat keras oleh pelatih dan para senior, sehingga rekan-rekan angkatan 79 pisik dan mentalnya yang kurang, sakit dan 2 orang korban meninggal dunia. Dalam pelaksanaan Reuni Akbar saya  sangat terharu bisa ketemu rekan-rekan satu angkatan, setelah kurang lebih 43 tahun terpisah karena tugas, sampai-sampai tidak terasa mengeluarkan air mata dalam temu kangen. Diharapkan pada rekan-rekan 79 agar dapat tetap menjalin silaturahmi dan menjaga kekompakan.

Ketua Rayon 2 Serma Purn Haji Mujiin mengatakan, “Saya sangat terharu dengan reuni ini, maka oleh karena itu saya minta 2 tahun kedepan reuni diadakan di Kabupaten Sambas, kami siap jadi tuan rumah, kami tunggu rekan-rekan 79,” ujarnya.

Ketua Rayon 4 Serma Purn S. Saragih mengatakan, mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan Rekan-rekan 79 di kota Sintang.

Mantan ibu Persit  Suhartati isteri alm  Purn Serda Imamkabi mengatakan, berjuang sebagai isteri seorang prajurit TNI AD dan pensiunan guru SMP, penuh suka dan dukanya tetap setia mendampingi suami bertugas, bangga jadi isteri prajurit, dan sekarang masih aktif di Kepramukaan sebagai pengurus andalan putri Kwarcap Kabupaten Kapuas Hulu.

Marsoit menambahkan, “terima kasih kepada Panitia, dan Ibu-ibu yang menyiapkan konsumsi serta semua keperluan Reuni, Ibu Joko, Ibu Abdul Muis, Ibu Saragih Boru Puba, Ibu Akim, Ibu Murjani, Ibu Marsoit/Maria Simbolon, Ibu Davit, Ibu A. Mutalib, Ibu Toriani, Ibu Rajimin, Ibu Akim, Ibu Samlan, Ibu alm Bontar, Ibu alm Romanus Ayek, Ibu Suminto dan yang lain.

HR bertanya kepada semua yang hadir, mereka menjawab sangat terharu dan penuh hikmat pada reuni ini, air mata menetes tak terasa ketika berpeluk dengan kawan seperjuangan di Medan Perang tempo dulu, sulit kami terjemahkan kedalam kata kata. Memang sangat indah kalau persatuan dan kesatuan tetap dipelihara, Top-down and  bottom-up sinergi sangat diperlukan demi cintau tanah air NKRI.

Kami semua adalah pejuang dan sekali pejuang tetap pejuang, kami Purna namun kalau ibu pertiwi memanggil kami siap sampai titik darah penghabisan.

Setelah selesai ramah tamah, dilanjutjan  rapat untuk membahas angaranh dasar dan anggaran rumah tangga, serta memilih anggota untuk menjabat, mengisi Strutur Organisasi periode tahun 2022-2026.

Loading...

Sesuai hasil rapat terpilih : Pelindung/Penasehat. 1. Kapten Purn M. Sianipar, SH. MH. 2. Pelda Purn T. Marsoit,S.Pd.,M.Pd.K. Ketua Umum S. Saragih, Wakil ketua umum Bonceng. Sekretaris And Mutalib, Bendahara Sukirn. Ketua Rayon 01 Achmad Lahabi, sekretaris Bonceng, Bendahara Suwardi. Ketua Rayon 02 Haji Mujiin, Sekretaris Wahyudi, Bendahara Filipus. Ketua Rayon 03 Bambang Sutikno, Sekretaris Jailin Johari, Bendahara Jalimin. B. Ketua Rayon 04 T. Sihotang Marsoit, Sekretaris Abdul Mutalib, Bendahara Suminto. Bidang Kominfo Herudianto, Zaini A.R. Bidang pendidikan dan pembangunan 1. Abdul Sani, 2. Suhartati, S.Pd. Bidang Sosial 1 Uti Darus Salam, 2. Abang Budiyanto Bidang Alumni/Almamater Riva’i, 2  Saban Sinaga. Rayon 01 mencakup wilayah Pontianak, Mempawah, Ngabang, Ketapang, Kubu Raya. Rayon 02 mencakup Singkawang,Bengkayang, Sambas. Rayon 03 mencakup Sanggau, Sekadau. Rayon 04 mencakup Sintang Melawi, Kapuas Hulu. marsoit

Tinggalkan Balasan