Rescue Damkar Garut Bantu Warga Evakuasi Sarang Tawon Ukuran Jumbo

oleh -292 views
oleh

GARUT, HR – Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut, Minggu malam (4/2/24), evakuasi sarang tawon ukuran jumbo di salah satu rumah warga perumahan Green Garden Residence Cipicung Banyuresmi Garut, Jawa Barat.

Sarang tawon berukuran besar tersebut ditemukan, Minggu siang (4/2) sekitar pukul 10.00 WIB, oleh pemilik rumah Deni (35) dan Irfan (28) selaku tetangganya warga perumahan Green Garden Residence Cipicung Banyuresmi Garut.

“Awalnya kami sedang kumpul bersama tetangga sambil berkaraoke bareng, selang setengah jam, kami asyik bernyanyi, tetangga saya Irfan (28), langsung bertanya ” Pak Den itu sayang engang meni gede pisan ?” (Pak Den itu sarang tawon besar sekali ?”), sontak saya langsung dekati untuk memastikan sambil naik ke atas kursi, karena posisi sarang ada diatas tidak terlihat/terhalang kanopi garasi. Ungkap pemilik rumah Deni (35), di kediamannya Jl. KH.Hasan Arif perumahan Green Garden Residence block F8, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut.

Deni mengatakan bahwa, sebenarnya saya berniat mau mengeksekusi sendiri sarang lebah tersebut dengan dibantu tetangga.

“Saya sempat mau mengeksekusi sendiri karena mengira sarangnya kecil dari kejauhan, akan tetapi, niat itu saya batalin seketika, sambil tertegun dan kaget bercampur takut, melihat sarang tawon besar sekali seukuran helm dewasa”, tuturnya.

Deni Menambahkan bahwa, dengan melihat ukuran sarang yang sangat besar, akhirnya memutuskan meminta bantuan tim ahli.

“Melihat ukurannya yang sangat besar sekali, akhirnya saya langsung menghubungi sekaligus meminta bantuan tim ahli, dalam hal ini yakni Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut untuk mengeksekusi sarang tawon tersebut”.

Merespon laporan dari warga masyarakat, sekitar pukul 18.30 WIB, tim rescue Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut datang ke lokasi guna proses eksekusi/evakuasi sarang tawon tersebut.

“Dalam proses eksekusi maupun evakuasi, sengaja selalu dilaksanakan pada malam hari khusus untuk sarang tawon, dimana karakter tawon yang memiliki kelemahan di malam hari yakni mata ayam (rabun/tidak bisa melihat), ini menjadikan kesempatan kami para petugas damkar untuk mengamankan sarang tersebut”, tutur Indra selaku tim rescue Damkar Garut di lokasi kejadian.

Indra menegaskan bahwa, Alhamdulilah sarang tawon berhasil di eksekusi dan di evakuasi tim rescue Damkar Garut dengan diameter ukuran yang cukup lumayan besar.

“Besar dan kecil ukuran sarang tawon jangan menjadi anggapan sepele, apapun itu, ini sangat berbahaya, bisa menimbulkan kematian apabila tersengat dan itu sudah terbukti dan terjadi, maka dari itu warga masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada”, tandasnya.D. Permana

Tinggalkan Balasan