Rakor Menteri Bidang Perekonomian, Pemerintah Fokus Bantu Pertumbuhan Ekonomi UMKM

BADUNG, HR – Mengahadapi ancaman resesi ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia adakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri Bidang Perekonomian Tahun 2020 di Hotel Sofitel, Kawasan ITDC Nusa Dua, Kab. Badung, Bali (21/08/2020).

Rapat koordinasi yang diikuti kunjungan ke beberapa sentra ekonomi utama Provinsi Bali ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Erlangga Hartarto.

Dihadiri sembilan orang menteri lainnya yang bergerak di bidang perekonomian, kegiatan bertujuan untuk membahas percepatan pembangunan terkait situasi Ekonomi RI akibat pandemi covid-19.

“Belanja Kementerian dan Lembaga yang telah dilakukan inventarisasi dan dapat dialihkan akan dialokasikan pada sasaran yang berpotensi meningkatkan percepatan penanganan covid-19,” terang Erlangga.

Ia juga menekankan bahwa pemerintah akan fokus pada pemulihan ekonomi padat karya dalam mencapai bangkitnya perekonomian pada masa pandemi covid-19, disamping program-program lainnya yang juga diperlukan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bali, I Wayan Koster menyampaikan apresiasinya terhadap pemilihan Bali sebagai tempat penyelenggaraan RKTM. Ia juga mengungkapkan bahwa Provinsi Bali mengalami kontraksi pada kuartal pertama sebesar negatif 1,14 % dan makin menurun pada kuartal kedua hingga negatif 10,98 %.

Loading...

“Khususnya yang kami harapkan adalah agar pemulihan ekonomi Bali ini bisa dijalankan, dengan memulai aktivitas kepariwisataan pariwisata Nusantara dan berharap nantinya bisa dimulai lagi wisatawan mancanegara jika memang situasinya memungkinkan untuk hal tersebut,” tutup Koster. gina

Tinggalkan Balasan