Polisi di Perbatasan Amankan Gawai Dayak Pamole Beo Banuaka’

oleh -797 views

KAPUAS HULU, HR – Bertempat di Desa Ulak Pauk, Kecamatan Embaloh Hulu, Bhabinkamtibmas Polsek Embaloh Hulu, Brigpol Zuliadi Kurniawan melaksanakan pengamanan dalam rangka perayaan Gawai Adat Dayak Tamambaloh Pamole Beo Banuaka’, Senin (04/06/2018).

Kegiatan ini pada dasarnya adalah kegiatan masyarakat adat Dayak dalam mensyukuri hasil panen yang diperoleh dan menyambut musim tanam/berladang yang baru.

Kegiatan Gawai Adat Dayak ini masuk dalam agenda tahunan kalender kamtibmas Polres Kapuas Hulu dan Polsek Embaloh Hulu, pada khususnya di mana semua desa di wilayah Kecamatan Embaloh Hulu merayakan kegiatan ini.

“Namun antara satu desa dan desa yang lain memiliki jadwal perayaan yang berbeda,” ujar Zuliadi Kurniawan.

Dalam pelaksanaannya, desa yang memiliki penduduk dengan rasio hampir seimbang antara pemeluk agama Islam dan Kristen ini selalu berdampingan dan harmonis dalam setiap perayaan yang ada dilingkungan tersebut.

“Tidak terkecuali dalam Gawai Adat kali ini, yang sebagian penduduk Desa Ulak Pauk juga yang beragama muslim melaksanakan ibadah puasa, namun tidak menghalangi maupun menghambat kegiatan Gawai Adat Dayak. Begitu juga sebaliknya,” kata Brigpol Zuliadi Kurniawan.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH melalui Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah ketika diminta konfirmasinya menyampaikan bahwa sebagai anggota Bhabinkamtibmas, memang sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk selalu hadir dan menjaga setiap kegiatan yang dilakukan warga di wilayah binaanya.

Loading...

“Selain agar kegiatan perayaan Gawai Adat Dayak Tamambaloh Pamole Beo Banuaka’ tersebut dapat berjalan aman dan lancar juga untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kehadiran dan kinerja Polri saat ini,” ucap Iptu Salmansyah. ml

Tinggalkan Balasan