Pj Gubernur Suganda: Ini Peran Penting TP PKK

oleh -442 views
Pj Gubernur Suganda: Ini Peran Penting TP PKK.

PANGKALPINANG, HR – Hidup Jaya PKK! Kalimat pendorong semangat ini diteriakkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu kepada kader-kader PKK se-Provinsi Kep. Babel dan Perwakilan Perangkat Daerah terkait, saat dirinya tiba di Sekretariat Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kep. Babel, Kamis (22/6/23).

Hadir membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Operasional Pos Terpadu (Pokjanal Posyandu) Tingkat Prov. Kep. Babel tahun 2023, Pj Gubernur Suganda menyampaikan bahwa tugas Tim Penggerak PKK, yang dikoordinasikan melalui Dinas Sosial baik yang ada di provinsi maupun di kabupaten/kota, adalah sangat penting.

“Mengapa penting? Karena kalau PKK-nya bisa berjalan dengan baik, maka ini adalah mesin yang sangat efektif untuk menggerakkan program-program, baik yang ada di pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa TP PKK merupakan mitra pemerintah. Karena TP PKK provinsi tidak memiliki anggaran sendiri, berbeda dengan pusat, maka harus didukung oleh pemerintah provinsi melalui dinas-dinas terkait, seperti Dinsos PMD dan Dinas Kesehatan, termasuk juga pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa. Sehingga, TP PKK sebagai sebuah organisasi dapat bergerak menjalankan programnya.

Sebagai mitra pemerintah, TP PKK juga dapat memberikan sumbangsih besar dalam pencapaian target pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus ujung tombak pembangunan di desa.

“Dengan support dari pemprov, tentunya banyak program pemerintah yang dapat dientaskan melalui PKK ini, karena kita tahu TP PKK merupakan organisasi yang anggotanya ada hingga ke tingkat desa,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan dengan mendukung TP PKK, banyak program-program pemerintah yang bisa sama-sama diselesaikan, baik itu terkait dengan stunting, kemiskinan, juga inflasi, TP PKK bisa berperan dalam hal tersebut.

“Jadi, melalui Rakor ini, kita dapat melihat bagaimana Pokjanal Posyandu juga bisa mengatasi banyak permasalahan, tidak hanya mengurus masalah imunisasi, penimbangan dan ibu hamil saja, tapi juga termasuk masalah stunting, gizi anak-anak terutama yang ada di desa, dan juga pemberdayaan fakir miskin,” pungkasnya.

Kemudian, melalui pembentukan tim Pokjanal Posyandu, dirinya berharap melalui DinsosPMD Prov. Kep. Babel dan PD terkait, dapat secara proaktif turun langsung ke lapangan melakukan pembinaan Posyandu dan Pokja Posyandu Desa, bersama dengan tim Pokjanal Posyandu Kabupaten.

Turut hadir dalam rakor, Pj. Ketua TP PKK Maya Suganda Pasaribu dan Perwakilan TP PKK se-Prov. Kep. Babel, Kepala DinsosPMD dan Perwakilan DinsosPMD se-Prov. Kep. Babel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Tim Pokjanal Posyandu, dan OPD terkait.

Dalam kesempatan ini, Pj Ketua TP PKK Maya Suganda menjadi narasumber dan menyampaikan materi, “Peran TP PKK Prov. Kep. Babel dalam Mendukung Pelaksanaan Posyandu dan Dasawisma”, bersama Kepala Dinkes Kep. Babel Andri Nurtito yang membawa materi “Dukungan Dinas Kesehatan Provinsi dalam Optimalisasi¬† Peran Kader dan Pembinaan Posyandu”. agus priadi

Tinggalkan Balasan