Pesan Kapolres Melawi : Jaga dan Patuhi Keputusan KPU dan Panwas

oleh -206 views
Kapolres Melawi, AKBP Cornelis Manarahon Simanjuntak
MELAWI, HR – Keputusan KPU Melawi, Senin (24/8), telah menetapkan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Melawi yakni Panji Ssos-Dadi Sunarya Usfa Yurya dan H Firman Muntaco-Jonmunkanto.
“Meskipun suhu politik menjelang pelaksanaan pilkada di Kab Melawi semakin hangat seiring dengan antusiasnya pendukung masing-masing calon, namun Kepolisian menjamin keamanan masyarakat harus terjaga aman. Situasi politik di Melawi sangat antusias, kedua pendukung pasangan calon memang sangat luar biasa, baik saat proses penetapan calon sampai ke kampanye damai di Setediun Temenggung Setia Pahlawan,” kata Kapolres Melawi, AKBP Cornelis MS, Rabu (26/8).
“Ia pun berharap semoga semuanya berjalan baik, dan menghimbau semua pihak menjaga Kondusifitas, karena kedua pasangan calon ini ada memiliki hubungan kekerabatan, yakni sama-sama warga Kabupaten Melawi asli,” tandasnya.
Dalam pengaman nantinya, Polres akan mendapatkan bantuan dari Polda Kalbar sebagai antisipasi, karena hal ini memang sudah sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Kapolri untuk pengamanan pilkada serentak. Sementara, Ketua Panwas Melawi, Lennys mengungkapkan, tahap kampanye pilkada di Melawi akan segera berlangsung, maka dari itu pihaknya juga telah melakukan beberapa upaya, diantaranya melayangkan surat kepada Pemkab Melawi agar bisa mengingatkan kembali jajarannya terutama kepada pegawai Negeri.
“Termasuk perangkat desa, mereka ini dilarang berkampanye, namun kalau hanya sekedar menghadiri tidak menjadi persoalan, yang penting mereka tidak mengajak atau berkampanye, itu sudah salah statusnya,” kata Lennys.
Ditambahkannya, untuk di internal Panwas, pihaknya juga telah melakukan supervesi untuk melakukan pengawasan di lapangan siapa saja yang terjadi kecurangan pada tahapan kampanye.
“Misalnya, akan ada alat peraga yang bukan difasilitasi oleh KPU terpasang dan bisa jadi alat peraga di pasang di tempat tidak boleh,” katanya, terkait pengawasan kampanye di Medsos, dia juga menghimbau kepada tim pasangan calon masing-masing agar tetap santun, tidak menjelekan lawan politik sehingga tidak menimbulkan gejolak di lapangan. ■ abd

Tinggalkan Balasan