Pertama di Kab Gowa, ODF dan Kecamatan Menuju Ramah Anak

oleh -199 views
GOWA, HR – Sebanyak 20 piagam penghargaan Bupati Gowa diberikan pada saat lounching Pallangga Bersih dan Sehat atas keberhasilannya menjadikan wilayah Kecamatan Pallangga sebagai wilayah Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).
Deklarasi komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan, ikut bertanda tangan Kelurahan dan Desa se Kec Pallangga, Komandan Koramil Pallangga, Kapus Kampili, Kapus Pallangga, dan Camat Pallangga serta Kapolsek Pallangga.
Selain SBS, Kecamatan Pallangga deklarasikan Ramah Anak di hari yang sama, dibuka dan diresmikan oleh Sekda Gowa H Muchlis, SE.M.Si, Sabtu (28/10), di halaman Masjid Nurul Izzah Pallangga di Jalan Poros Pallangga Kab Gowa.
Camat Pallangga, Indra Wahyudi Yusuf, SE. M.Adm.SDA. dalam sambutannya, mengajak komponen masyarakat membudayakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam lingkungan sehat yang berbasis masyarakat melalui pendekatan keluarga.
Dalam sambutan Bupati Gowa yang disampaikan Sekda Gowa, bahwa Kecamatan Pallangga adalah pionir, karena ini pertama kalinya yang menyatakan dirinya layak ramah anak karena Kab Gowa sendiri mempersiapkan Kabupaten Ramah Anak.”
“ODF (Open Defecation Free) dan kecamatan ramah anak ini berarti semua rumah warga ada jambannya serta Kecamatan Pallangga ini harus tahu bagaimana itu layak ramah anak. Berarti semua sanitasi, semua orang – orang yang ada di Kec Pallangga ini harus betul – betul tahu apa yang menjadi kebutuhan anak. Contoh kecil anak itu harus diajarkan perilaku hidup bersih dan sehat, jadi semua orang tua harus menjadi teladan bagaimana ber-PHBS,” paparnya, sekaligus sosialisasi kawasan tanpa rokok (KTR) Peraturan Daerah yang akan diberlakukan 2 tahun dari sekarang.
ODF dan Ramah Anak ini yang pertama di Kabupaten Gowa selama dua bulan dimasa uji coba berjalan baik dengan respon masyarakat Pallangga.
Kegiatan ini dihadiri Sekda Gowa, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Sekretaris Muspida Kab Gowa, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab Gowa, para Camat, unsur Tripika Kec Pallangga, Desa dan Lurah ketua tim penggerak PKK dan para Kades/Lurah serta tokoh masyarakat. kartia


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan